Ini 10 Kota Paling Ramah Lingkungan di Dunia

Isu ramah lingkungan memang belakangan mulai menjadi perhatian masyarakat internasional akibat kondisi bumi yang semakin lama semakin tak sehat sehingga membuat banyak nagara berlomba-lomba menerapkan beragam kebijakan yang dapat membuat lingkungan kembali asri.
Rezza Aji Pratama | 21 Desember 2016 23:06 WIB
Stockholm - Istimewa
Bisnis.com, JAKARTA—Isu ramah lingkungan memang belakangan mulai menjadi perhatian masyarakat internasional akibat kondisi bumi yang semakin lama semakin tak sehat sehingga membuat banyak negara berlomba-lomba menerapkan beragam kebijakan yang dapat membuat lingkungan kembali asri.  
 
Kebijakan ini memunculkan kota-kota ramah lingkungan di berbagai belahan dunia. Apa saja? Berikut ini daftarnya:
 
Copenhagen
Copenhagen merupakan ibu kota Denmark di mana masyarakat setempat sangat peduli terhadap keasrian lingkungan. Tak heran di sana Anda akan banyak melihat orang lalu lalang menggunakan  sepeda daripada menggunakan kendaraan bermotor. Di sana juga terdapat kanal yang sangat bersih sehingga dapat digunakan untuk mendayung. Karena bersih dan hijaunya kota ini tak heran pemerintah setempat menargetkan Copenhagen sebagai ibu kota negara dengan tingkat karbon netral pada 2025.


Vancouver
Vancouver merupakan kota di sebelah barat Kanada, oleh pemerintah Kanada, Vancouver dijadikan model kota dalam hal penyediaan sumber energi terbarukan. Kota ini juga memiliki 200 taman kota yang dapat membuat penduduk mendapatkan pasokan udara yang bersih.
 
Amsterdam
Amsterdam saat ini telah menyiapkan masterplan kota yang ramah linkungan. Pusat kota nanti akan memiliki taman baru, pasar makanan, transportasi ramah lingkungan guna mengurangi dampak buruk dari polusi.
 
Stockholm
Stockholm adalah ibu kota dari Swedia, kota ini telah merancang dan membangun bangunan-bangunan hijau yang ramah lingkungan. Kota ini juga memiliki banyak kanal-kanal yang bersih yang dapat digunakan untuk berwisata.
 
Singapura
Singapura menjadi salah satu kota terbersih di Asia, pemerintah kota ini memiliki komitmen yang sangat kuat untuk menciptakan lingkungan yang hijau dan bersih. Salah satunya seperti membuat pohon tinggi yang disebut dengan Supertree, pohon buatan setinggi 50 meter tersebut memiliki manfaat yang sangat baik untuk menampung air hujan dan menyerap sinar matahari. Selain itu kota ini juga memiliki banyak bangunan hijau salah satunya adalah SkyPark, yakni taman luas dengan panjang 340 meter di atas Marina Bay
 
Portland
ortland menjadi salah satu kota terhijau di Amerika, kota menjadi yang pertama kali menerapkan konsep ramah lingkungan dengan membangun bangunan green building. Pemerintah kota juga telah berusaha keras untuk mengedukasi warganya agar peduli terhadap lingkungan salah satunya dengan melarang penggunaan kantong plastik dan serta kampanye carpooling untuk mengurangi polusi kendaraan.   
 
Oslo
Oslo adalah ibu kota dari Norwegia, kota ini memang telah lama dikenal sebagai kota yang hijau, tingkat emisi gas rumah kaca di sana sangat rendah. 85 persen anak sekolah di sana pergi kesekolah dengan berjalan kaki, masyarat di sana lebih senang beraktifitas menggunaka kendaan umum.
 
Freiburg
Freiburg adalah sebuah kota yang berada di ujung barat Jerman, mayoritas penduduk di sana lebih senang menggunakan transportasi publik daripada menggunakan kendaraan pribadi. Karena banyaknya peraturan yang memberatkan seseorang untuk menggunakan kendaraan pribadi, contohnya seperti pajak kendaraan yang mahal hingga mobil dilarang parkir di pusat kota. Kota ini juga banyak terdapat bangunan 
panel surya yang dapat mengurangi emisi karbon sebesar 40 persen.
 
Reykjavik
Reykjavik adalah ibukota dari Islandia, lebih dari 50 tahun kota ini telah mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil dan menggantikannya dengan sumber daya alam yang terbarukan. Reykjavik juga dikenal sebagai kota pelopor pemanfaatan energi geothermal power, atau energi panas bumi untuk pemanasan ruangan rumah dan lain-lain. Pemerintah kota ini juga sangat fokus untuk mengungari polusi dan melestarikan ruang hijau.
 
 
Berlin
Ibu kota Jerman ini juga sangat peduli terhadap lingkungan, masyarakat Berlin lebih senang menggunakan sepeda dari pada mobil pribadi sebagai alat transportasi. Kota ini pun telah menciptakan sistem pengairan kota yang sangat baik, dengan membuat sistem atap hijau dan kolam yang dapat menampun air hujan yang kemudian diarahkan ke kanal sehingga bisa dimanfaatkan untuk mensuplai air ke kamar mandi atau membantu pemadaman api.
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kota, ramah lingkungan

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top