Candi Borobudur. /Antara
Travel

Mahasiswa Mancanegara Tampil di Borobudur Cultural Feast 2016

Newswire
Sabtu, 17 Desember 2016 - 15:30
Bagikan

Bisnis.com, MAGELANG - Sebanyak 44 mahasiswa dari 22 negara yang tergabung dalam Karawitan Jogja Gangsa Nagari tampil dalam Borobudur Cultural Feast 2016 di Taman Lumbini kompleks Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (17/12/2016).

Para mahasiswa mancanegara yang kini tengah belajar di Universitas Gadjah Mada, ISI Yogyakarta, Unversitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta tersebut tampil mengenakan pakaian adat Jawa.

Mereka terlihat menikmati dan menyatu dengan instrumen gamelan yang mereka mainkan. Para penabuh gamelan dan sinden mancanegara tersebut dlatih secara profesional oleh dosen Karawitan ISI Yogyakarta, Anon Suneko.

Dirut PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) Edy Setijono mengataan penamplan Karawitan Jogja Gangsa Nagari merupakan simbol pengakuan dunia atas Candi Borobudur sebagai "World Heritage".

"Jogja Gansa Nagari juga merupakan simbol kolaborasi dan kerja sama Kerajaan Syailendra pada 750 Masehi dengan berbagai bangsa internasional," katanya.

Edy mengatakan dalam rangka mengembangkan pariwisata kawasan Brobudur berbasis potensi lokal PT TWC menginisiasi kegatan akbar bernilai budaya, yakni Borobudur Cultural Feast 2016.

"Kegiatan ini terlaksana melalui sinergi BUMN bekerja sama dengan budayawan, seniman, dan musisi di lingkungan Candi Borobudur," katanya. Dia mengatakan kegiatan ini merupakan perayaan bersama, hari raya kebudayaan Borobudur.

Ia menuturkan kegiatan yang baru pertama dlaksanakan tersebut melibatkan seluruh unsur masyarakat di Borobudur.

Candi Borobudur sebagai mahakarya dunia diharapkan dapat dijadikan referensi maupun inspirasi bagi semua yang ingn belajar tentang seni, budaya, bahkan pertanian sekitar tahun 750-an Masehi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro