Pelabuhan Celukan Bawang/Bisnis.com
Travel

Kunjungan Kapal Pesiar Minim, Pelindo Celukan Bawang Minta Destinasi Wisata Dioptimalkan

Feri Kristianto
Sabtu, 17 Desember 2016 - 02:38
Bagikan

Bisnis.com,‎ BANYUWANGI-Manajemen Pelabuhan Celukan Bawang, Kabupaten Buleleng mendorong pemda mengintensifkan perhatian terhadap destinasi wisata agar dapat menarik kapal pesiar bersandar.

GM Pelindo III Cabang Celukan Bawang Dewa Adi Kumarajaya menilai apabila ada jadwal pasti untuk destinasi wisata, ditambah kemudahan akses dapat mendorong semakin banyak kapal pesiar bersandar.

‎"Saya melihat potensi buleleng banyak destinasi harus mendapatkan peran perhatian pemerintah. Contoh kalau kapal cruise sandar di Benoa mungkin sudah ada mau ngapa-ngapain, di Singaraja mungkin itu harus ada, jadi tamu tidak akan nyasar," tuturnya, di Buleleng, Jumat (16/12/2016).

Hingga pertengahan Desember 2016, jumlah kapal pesiar yang bersandar di pelabuhan di Bali utara ini tercatat hanya 2 unit kapal dengan kapasitas masing-masing kurang dari 500 penumpang. Jumlah kunjungan itu terus menyusut jika dibandingkan dengan 2013, dan 2014.

Padahal dari segi infrastruktur, Pelabuhan Celukan Bawang sudah dilengkapi dengan dermaga sepanjang 160 meter yang mampu disandari kapal bermuatan sekitar 1.000 orang wisatawan.‎ Dia menduga sepinya kunjungan kapal pesiar karena event pariwisata yang ada belum mampu menarik wisman datang.

Salah satu contohnya, pelaksanaan event pariwisata terkesan belum disusun secara detil sehingga kesannya diabaikan. Kondisi tersebut berbeda jika dibandingkan dengan misalnya pelabuhan di Semarang dan Probolinggo, dimana penumpang pasti akan menuju Gunung Bromo.

"Bagaimanapun canggihnya pelayanan di pelabuhan kalau destinasi tidak disiapkan susah. Jadwal dan kegiatan itu masih kurang. Itu yang buat enggan. ‎Kita buat terminal canggih tapi kalau destinasi tidak disiapkan," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro