Pelabuhan Ratu./www.beningbanget.com
Travel

6 Destinasi Jabar Masuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional

Wisnu Wage Pamungkas
Jumat, 2 Desember 2016 - 15:25
Bagikan

9 Kawasan

Jabar sendiri menurut Iwa sudah menyusun 9 kawasan strategis pariwisata provinsi dalam rencana pembangunan.

Kesembilannya adalah, Kawasan Ekowisata Puncak dan sekitarnya, Kawasan Geowisata Pelabuhan Ratu, Ciletuh, Ujung Genteng dan sekitarnya, Kawasan Cagar Budaya Sukabumi,  Kawasan Industri Bekasi Karawang, Kawasan Sejarah di Cirebon, Kawasan Pariwisata Kreatif Bandung, Kawasan Pariwisata Alam Bandung Selatan Garut, Kawasan Budaya Priangan dan  Alam Bahari di Priangan, serta Kawasan Ekowisata Pantai Apra Cipatujah dan Sekitarnya. 

Iwa memaparkan, penetapan kawasan pariwisata tersebut dengan tujuan untuk mencapai sasaran pembangunan kepariwisataan tahun 2025 dengan indikasi kontribusi pertumbuhan ekonomi 15%, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara sebesar 4,5 juta.

Lantas, jumlah perjalanan wisatawan Nusantara sebesar 70 juta atau 27%, peningkatan lama tinggal wisatawan mancanegara mencapai 7 hari dan wisatawan Nusantara 5 hari.

“Dengan harapan pengeluaran wisatawan mancanegara mencapai US$4.000 dan pengeluaran wisatawan nusantara diperkirakan Rp12,5 juta,” katanya.

 Untuk mencapai sasaran, Pemprov Jabar sudah memetakan 60 daya tarik wisata yang dikelompokan kedalam 5 destinasi pariwisata yaitu : Destinasi pariwisata Bogor, Cianjur, dan Sukabumi, destinasi Karawang Bekasi, destinasi pariwisata Cirebon Raya,Cekungan Bandung, dan Pangandaran, Tasik dan Cianjur.

 “Tahun 2016 ini kami baru difasilitasi 5 KPSN, sehingga masih ada 1 yang masih tersusun yaitu KPSN Halimun dan sekitarnya. Oleh karena itu, diharapkan pada tahun 2017 dapat memberikan dukungan untuk memperoleh masterplan KPSN,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro