Jatiluwih, Tabanan/Istimewa
Travel

Cegah Alih Fungsi Lahan, Tabanan Andalkan Desa Wisata

Feri Kristianto
Jumat, 11 November 2016 - 19:45
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR - Kabupaten Tabanan akan mendorong seluruh desa menjadi desa wisata untuk mengantisipasi alih fungsi lahan pertanian sehingga dapat mempertahankan status lumbung pangan Bali.

Bupati Tabanan Putu Eka Wiryastuti menyakini status desa wisata lebih ampuh menahan laju alih fungsi lahan menjadi sarana akomodasi wisata.

"Kalau semua jadi desa wisata, otomatis tanahnya tidak dijual dan‎ meningkatkan pendapatan masyarakat karena mereka tidak hanya menjadi penonton," tuturnya saat penandatanganan kerjasama BUMN dengan Desa Pinge di Tabanan, Jumat (11/11/2016).

Dia menegaskan setelah Desa Pinge, pihaknya akan mendorong Desa Belimbing di Kecamatan Pupuan untuk menjadi desa wisata. ‎Menurutnya, keberadaan desa wisata sangat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat.

Di Tabanan saat ini baru ada sekitar 41 desa wisata, tetapi belum seluruhnya beroperasi secara optimal. Diharapkan ke depannya pemerintah pusat melalui BUMN ikut membantu mengangkat status desa menjadi desa wisata, seperti yang dilakukan terhadap Desa Pinge.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Feri Kristianto
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro