Kembali Digelar, Nusa Dua Fiesta 2016 Diharapkan Dongkrak Jumlah Wisman ke Bali

Nusa Dua Fiesta (NDF) 2016 sebagai pesta besar menjadi ajang penampilan atraksi seni, budaya, kuliner, olahraga dan hiburan selama sepekan penuh akan kembali digelar di kawasan wisata Nusa Dua, Bali pada 12-20 November mendatang.
Ropesta Sitorus
Ropesta Sitorus - Bisnis.com 01 November 2016  |  01:30 WIB
Kembali Digelar, Nusa Dua Fiesta 2016 Diharapkan Dongkrak Jumlah Wisman ke Bali
Nusa Dua Signature - itdc.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Nusa Dua Fiesta (NDF) 2016 sebagai pesta besar menjadi ajang penampilan atraksi seni, budaya, kuliner, olahraga dan hiburan selama sepekan penuh akan kembali digelar di kawasan wisata Nusa Dua, Bali pada 12-20 November mendatang.

Penyelenggaraan even tahunan NDF yang ke-20 ini mengangkat tema “Bring The World To Bali” dengan maksud untuk mengangkat nilai kawasan secara keseluruhan sebagai salah satu destinasi terbaik di Bali bahkan di Indonesia dan dunia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan apresiasi penyelenggaraan Nusa Dua Fiesta 2016 dalam upaya mempromosikan kawasan wisata Nusa Dua sekaligus meningkatkan kunjungan wisman ke Bali.

“Great Bali sebagai ‘jendela pariwisata Indonesia’ memberikan kontribusi sebesar 45% dari total kunjungan wisman. Kunjungan wisman melalui great Bali harus, terutama menjelang year and ditingkatkan antara lain dengan menggelar even-even menarik," katanya dalam keterangannya saat jumpa pers di Jakarta, Senin (31/10/2016) malam.

Tahun lalu, jumlah wisman yang masuk via Bali mencapai 4 juta dari total 10,4 juta kunjungan wisman. Tahun ini jumlahnya ditargetkan naik menjadi 4,4 juta hingga 4,8 juta.

Berdasarkan data BPS, jumlah kunjungan wisman pada Januari - Agustus mencapai 7,3 juta atau tumbuh 8,39%. Adapun total yang masuk lewat Bali mencapai 3,1 juta atau tumbuh 23,6%.

"Pertumbuhan wisman yang tinggi ini harus dipertahankan antara lain dengan menciptakan even-even kreatif bersumber dari daya tarik seni budaya (culture), alam (nature) maupun manmade,” tuturnya.

Presiden Direktur PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M.Mansoer mengatakan, PT ITDC sebagai perusahaan BUMN bangga dapat menyelenggarakan even tahunan yang dimulai sejak 1996 ini.

Penyelenggaraan NDF 2016 dijadikan sebagai wahana apresiasi hotel dan tenant yang berada di Kawasan Pariwisata Nusa Dua kepada para tamu dan pengunjung.

Belakangan acara ini berkembang menjadi sebuah pesta besar yang merupakan ajang penampilan berbagai atraksi seni, budaya dan kuliner di Indonesia, termasuk kegiatan olahraga, hiburan dan pentas musik lokal/nasional/internasional yang diolah secara harmonis.

“Even NDF 2016 dimulai dengan program Road to NDF 2016 tanggal 12 November 2016 berupa konser Julio Iglesias, kemudian secara resmi NDF 2016 akan dibuka oleh Menpar Arief Yahya pada 16 Nopember 2016, selanjutkan kegiatan akan terus berlangsung sampai 20 Nopember 2016,” katanya.

Seluruh rangkaian acara akan dipusatkan di Pulau Peninsula sebagai ikon baru di Nusa Dua untuk berbagai acara besar di luar ruang dengan kapasitas pengunjung sampai 10.000 orang.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bali, nusa dua, wisman

Editor : Gita Arwana Cakti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top