Pementasan kesenian tari atau tabuh di depan Pura Jagat Natha selama 3 hari. /
Travel

Catat! Festival Puputan Badung Digelar 20-21 September

Feri Kristianto
Rabu, 14 September 2016 - 03:20
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR - Festival Puputan Badung untuk memperingati perang habis-habisan antara pasukan pahlawan I Gusti Ngurah Rai melawan Belanda akan digelar di Denpasar pada 20-21 September 2016.

Festival yang akan dipusatkan‎ di kawasan Banjar Tainsiat sebagai kawasan yang pernah terjadi peristiwa heroik Puputan Badung‎ ini diharapkan dapat membangkitkan jiwa heroik masyarakat akan kegigihan perjuangan pahlawan terdahulu.

"Mengacu pada tanggal peristiwa heroik yakni 20 September diharapkan mampu menjadi tonggak peringatan peristiwa Puputan Badung yang memiliki filosofi kobarkan semangat masyarakat Kota Denpasar dalam pembangunan di segala bidang," ujar Walikota Denpasar IB Rai Darmawijaya Mantra, Selasa (13/9/2016).

Rencananya pembukaan festival dimulai dengan kirab Keris Puputan Badung, dan pawai budaya Mahabandana Prasada. Nantinya juga akan ada kuliner asli olahan warga Taninsiat. Adapun untuk pawai digelar di sekitar Puri Denpasar dan Banjar Tainsiat yang diikuti 4 Kecamatan se-Kota Denpasar.

Kegiatan diisi dengan kirab keris, pasar rakyat, pameran foto perjuangan, safari kesehatan, hiburan rakyat dan lomba-lomba akan digelar selama dua hari. Sementara pada kegiatan Mahabandana Prasada akan dilangsungkan dengan kegiatan pameran produk dan kuliner khas Kota Denpasar di depan Pura Jagatnatha selama 3 hari.

Selain itu, pementasan kesenian tari atau tabuh di depan Pura Jagat Natha selama 3 hari, lomba melukis tingkat SD, SMP, SMA/SMK, dan lomba gerak jalan indah yang diikuti masing-masing kecamatan. Parade Gong Kebyar dari tingkat PAUD, Wanita, dan Dewasa juga akan digelar selama sebulan penuh yang diikuti duta-duta dari empat kecamatan se-Kota Denpasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Feri Kristianto
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro