Festival Suku Asmat/Indonesiatravel
Travel

Asita : 3 Wilayah Ini Berpotensi Jadi Wisata Budaya Kelas Dunia

Dika Irawan
Selasa, 13 September 2016 - 16:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Ketua Association of The Indonesia Tour & Travel Agencies (ASITA) Asnawi Bahar mengatakan budaya Asmat di Papua, Toraja di Sulawesi Selatan, dan Dieng di Jawa Tengah potensi besar sebagai destinasi wisata budaya. Bahkan destinasi-destinasi itu berpeluang menjadi wisata budaya kelas dunia.
 
"Untuk saat ini wisata budaya yang menarik di Bali. Tapi destinasi budaya yang berpeluang untuk cultural travel kelas dunia itu Asmat di Papua , Toraja, dan Dieng," katanya, Selasa (13/9/2016).

Namun menurut Asnawi wilayah-wilayah tersebut belum digarap maksimal sebagai tujuan wisata budaya.

Karena itu hal tersebut menjadi tantangan bagi Pemerintah maupun pemangku kepentingan lainnya agar mempromosikan serta mengemas wisata budaya di wilayah-wilayah agar dilirik para wisatawan mancanegara.

"Kami selama ini sudah jual kombinasi budaya ke dalam paket wisata di Indonesia.  Jika  difokuskan tentang cultural travel jarang ada wisatawan asing yang datang ke Indonesia khusus cultural travel. Sebab kita punya keanekaragaman wisata yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisman," ujarnya.

Asnawi mengatakan potensi wisata budaya  sangat menjanjikan jika pengemasannya lebih baik. Menurut dia harus ada harmonisasi antara Kementerian Pariwisata dengan Kemendikbud dalam hal ini Ditjen Kebudayaan terkait pengembangan wisata jenis ini.

"Ditata potensi-potensi cultural travel yang ada," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro