Tugu Yogyakarta/webtempatwisata.com
Travel

Wisata Ke Jogja? Jangan Lupa Kampung Wisata Langenastran

Stefanus Arief Setiaji
Kamis, 8 September 2016 - 13:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Jika Anda bepergian ke Yogyakarta, jangan lupa untuk mengunjungi Kampung Wisata Langenastran. Kampung Langenastran—susuai dengan nama kalan Langenastran— lokasinya dekat dengan Alun-alun Selatan Yogyakarta.

Orang setempat mengakrabi Alun-alun Selatan Kidul dengan sebutan alun-alun kidul (Alkid). Salah satu hiburan yang digemari di Alkid setiap malam tiba adalah wisata kayuh atau odong-odong. Odong-odong dengan lampu hias hilir mudik mengitari kawasan Alkid.

Sejalan dengan perkembangan, warga Langenastran ingin menjadikan kawasan itu sebagai pusat wisata. Di sana terdapat butik-butik penjual batik dan beberapa gerai makanan minuman. Kawasan ini selalu ramai setiap malam tiba. Salah satu yang juga diburu wisatawan di tempat ini adalah menyeberang di tengah-tengah pohon beringin dengan mata tertutup.

Dekalarasi kawasan Langenastran sebagai Kampung Wisata Budaya dilakukan bersamaan dengan peresmian Media Corner (Omah Media), “AVOCADO”, Sabtu (3/9/2016).

Menandai pernyataan para sesepuh dan warga “Langenastran Sebagai Kampung Wisata Budaya” dilakukan pemotongan tumpeng oleh Letjen TNI (Purn) Kiki Syahnakri.

Dalam pernyataannya sesepuh Kampung Langenastran Radiya Wisroyo Sumartoyo mengatakan bahwa, Langenastran adalah jalan dan sekaligus kampung yang strategis dalam membangun pariwisata dan budaya wilayah dalam beteng kraton Yogyakarta.

“Langenastran seperti Malioboronya dalam kraton. Setiap wisatawan pasti akan melewati jalan ini jika menuju ke alun-alun selatan. Oleh karena itu, untuk membangkitkan kehidupan wisata budaya di wilayah Kraton, kami menngawalinya dengan mendeklarasikan jalan Langenastran sebagai Kampung Wisata Budaya,” katanya.

Kampung wisata ini digagas oleh para pengamat wisata dan budaya, tokoh masyarakat kampung Langenastran termasuk di dalamnya Suharyanto, Y. Sri Susilo, Hermunanto,  Harsya Aryo Samudro, Much Dwi Pramono, AM Putut Prabantoro, Radiya Wisroyo Sumartoyo, Febrian Wisnu Adi, dan Rianto Hernadi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro