Orchard Road di Singapura
Travel

Singapura Incar Ratusan Ribu Pelancong Indonesia

Gemal Abdel Nasser P.
Kamis, 1 September 2016 - 21:06
Bagikan

Bisnis.com, PEKANBARU-- Singapore Tourisme Board mengincar ratusan ribu wisatawan dari Indonesia untuk 2017 khusus dari Pekanbaru, Palembang dan Makassar.

Reymond Lim, Areal Maneger Singapore Tourisme Board mengatakan pihaknya tengah menggelar Singapore Travel Fair 2016 di tiga kota tersebut. Pelancong Indonesia didominasi dari Pekanbaru, Palembang dan Makassar.

"Kami menggandeng ASITA Pekanbaru, Palembang dan Makassar untuk menarik wisatawan ke Singapura," katanya saat berada di Pekanbaru, Kamis (1/9/2016).

Singapore Tourisme Board telah menggelar acara di Makassar. Menurutnya, banyak calon wisatawan yang sudah memesan paket wisata di negara berlambang singa itu, meski dia belum menghitung secara pasti. Dalam waktu dekat, pengembang Singapura itu akan menggelar travel fair di Pekanbaru dan di Palembang.

Reymond mengatakan Singapura memiliki beberapa destinasi wisata unggulan seperti Jurong Bird Park, Madam Tussaud dan beberapa destinasi wisata metropolitan.

Menurutnya minat wisata warga Pekanbaru dan Riau cukup tinggi ke negaranya. Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru juga menerbangkan dua maskapai Xpress Air dan Jetstar ke negara itu.

Sementara itu, Association of The Indonesian Tours and Travel Agency (ASITA) Riau akan mengambil kesempatan tersebut untuk menarik pelancong dari Singapura. Indonesia, termasuk Riau tengah menjalankan program wisata.

"Riau berbatasan langsung dengan Singapura. Ada beberapa objek wisata unggulan yang bisa mendatangkan warga Singapura. Kita akan mengambil kesempatan itu melalui kerjasama dengan Singapore Tourisme Board," kata Ketua ASITA Riau Dede Firmansyah.

Salah satu objek wisata unggulan Riau adalah Pantai Solop. Sebelumnya, Pantai Solop sempat diabaikan oleh pemerintah. Objek wisata Pantai Solop baru digarap kembali oleh Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir pada tahun ini.

Pemerintah setempat akan mempromisikan Pantai Solop ke seluruh dunia. Hal itu untuk mengangkat jumlah kunjungan wisman yang tercatat masih sangat minim.

Junaidi, Kepala Dinas Pariwisata Indragiri Hilir mengatakan pihaknya akan menggandeng komunitas dan asosiasi pengembang dari Riau dan Kepulauan Riau untuk mempromosikan objek wisata unggulan di Riau itu.

"Pantai Solop merupakan salah satu objek wisata unggulan Riau yang memiliki banyak potensi alam. Pantai itubterletak di Pulau Cawan daerah pesisir Riau yang berbatasan dengan Selat Malaka," katanya.

Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, Riau mencatat jumlah kunjungan objek wisata Pantai Solop meningkat drastis selama 8 bulan tahun ini di banding tahun lalu.

Jumlah kunjungan ke objek wisata Pantai Solop mencapai 17.500 wisatawan. Sedangkan periode yang sama tahun lalu hanya mencapai 5.000 pengunjung.

Jumlah kunjungan itu dihitung dari tiket pengunjung. Tahun ini ada peningkatan drastis. Jumlah kunjungan selama 8 bulan itu sedikit lagi mencapai target tahunan 20.000 wisatawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro