Gubernur Sumbar Minta Tiap Daerah Bangun Agrowisata

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat mendorong pemerintah daerah kabupaten dan kota mendirikan agrowisata di tiap daerah.
Heri Faisal | 25 Agustus 2016 12:16 WIB
Lubuk Minturun di Padang - tripadvisor

Bisnis.com, PADANG - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) mendorong pemerintah daerah kabupaten dan kota membuat agrowisata di tiap daerah.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyebut, pengembangan agrowisata penting untuk mendukung pengembangan pariwisata, sekaligus memastikan terjaminnya sektor pangan di daerah.

“Agrowisata dalam konsepnya merupakan keterpaduan antar SKPD menangani pertanian secara luas di bidang pertanian, perkebunan, perikanan yang menangani ketahanan pangan, dipadukan dengan sektor wisatanya,” katanya, Rabu (24/8/2016).

Dia menuturkan, sejumlah daerah sudah memiliki agrowisata, seperti Lubuk Minturun di Kota Padang. Namun, jumlah dan pengembangan agrowisata perlu ditingkatkan guna melengkapi destinasi di daerah.

Menurutnya, agrowisata selain dimanfaatkan untuk pengembangan wisata, juga digunakan untuk pendidikan bagi anak dengan pengetahuan tentang tumbuhan dan tanaman, sekaligus upaya pelestarian lingkungan.

Konkretnya, imbuh Irwan, setiap daerah harus mengalokasikan anggaran bagi pengembangan agrowisata. Apalagi, Sumbar yang merupakan daerah agraria yang memiliki berbagai jenis tanaman pertanian dan kebun yang menarik bagi wisatawan.

“Cara yang paling baik untuk mensejahterakan masyarakat adalah dengan mengembangkan pariwisata. Makanya tiap daerah harus punya agrowisata,” ujar Irwan.

Saat ini, Pemprov Sumbar mempercepat pengembangan sektor pariwisata dengan menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara hingga 100.000 orang pada 2019.

Tag : sumbar
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top