Kementerian PUPR Kembangkan Sarana dan Prasarana Kebun Raya Samosir

Kementerian PUPR mendukung pengembangan kebun raya Samosir dengan melakukan peningkatan dan rehabilitasi Embung Aek Natonang tahun ini, anggaran yang dialokasikan sebesar Rp9,8 miliar dan progres fisik telah mencapai 26,3%.
Anitana Widya Puspa | 21 Agustus 2016 18:19 WIB
IlustrasiL Penanaman pohon di Kebun Raya Samosir. - facebook/UPT Kebun Raya Samosir

Bisnis.com, JAKARTA— Kementerian PUPR mendukung pengembangan kebun raya Samosir dengan melakukan peningkatan dan rehabilitasi Embung Aek Natonang tahun ini, anggaran yang dialokasikan sebesar Rp9,8 miliar dan progres fisik telah mencapai 26,3%.

Selain itu, Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono menyatakan bahwa kementeriannya juga melakukan penanganan Embung Hairi Gorat berkapasitas 70.000 meter kubik. Penanganan yang dilakukan pada 2016 yakni rehabilitasi dan peningkatan embung dengan anggaran Rp2,9 miliar dengan progres fisik mencapi 80,1%

"Kebun Raya Samosir memiliki luas 100 hektar dan merupakan kebun raya daerah dengan fungsi arboretum, karena sudah ada koleksi yang dikonservasi," ujarnya seperti dikutip dari keterangan resminya, Minggu (21/8/2016)

Dalam pengembangan Kebun Raya Samosir sudah dilakukan Memorandum of Understanding (MoU) antara LIPI dan Pemerintah Kabupaten Samosir, serta masterplan sudah disusun pada 2008.

Prasarana dan sarana yang sudah tersedia di antaranya kantor pengelola, pembibitan, jalan lingkungan dan embung Aek Natonang.

Tag : Kementerian PUPR
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top