Gunung Krakatau. /Indonesia Travel
Travel

Festival Krakatau Kembali Digelar, Ini Highlight-nya!

Wike Dita Herlinda
Kamis, 18 Agustus 2016 - 18:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pariwisata mengumumkan penyelenggaraan Festival Krakatau 2016 pada 21- 28 Agustus 2016 di Bandar Lampung, Pesawaran, Lampung Selatan, dan Kepulauan Gunung Berapi Krakatau.

Festival Krakatau 2016 mengusung tema ‘Lampung The Treasure of Sumatra’. Kegiatan tersebut bertujuan mempromosikan atraksi, daya tarik wisata unggulan dan seni budaya Lampung, serta menciptakan peluang bisnis bagi para pelaku pariwisata.

“Kami mendukung Festival Krakatau 2016. Acara ini akan menjadi ajang pengenalan kekayaan alam dan budaya Lampung kepada masyarakat serta memberikan rasa bangga bagi warga bahwa daerahnya memiliki daya tarik wisata yang juga menjadi keunikan dan identitas daerah,” kata Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara di sela-sela konferensi pers di Gedung Sapta Pesona, Kamis (18/8/2016).

Ukur menambahkan Festival Krakatau dapat menjadi ajang kreativitas serta penghargaan terhadap seniman, budayawan, dan masyarakat Lampung, dalam rangka pengembangan dan peningkatan kebudayaan Lampung.

Oleh sebab itu, kekayaan Lampung tersebut layak disuguhkan dalam gelaran festival.  Harus diakui, sektor pariwisata merupakan sektor penting dalam pembangunan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Lampung Ridho Ficardo mengatakan Festival Krakatau merupakan agenda pariwisata tahunan Provinsi Lampung yang sudah berlangsung sejak 1991, dalam rangka promosi pariwisata dan budaya serta memperingati peristiwa meletusnya Gunung Krakatau pada 1883.

Acara ini merupakan pergelaran kepariwisataan nasional yang mempunyai sejarah panjang. Menginjak tahun ke-25, festival tersebut akan menjadi momentum perubahan pengemasan sebuah festival agar sejalan dengan dinamisasi  dan perkembangan kepariwisataan Lampung.

“Melalui event ini, kami sekaligus mempromosikan berbagai lokasi wisata di Lampung. Ada Pulau Pahawang, Teluk Kiluan, Gunung Krakatau, Air Terjun Putri Malu, Taman Nasional Way Kambas, dan banyak lagi. Masing-masing lokasi memiliki keunikannya sendiri,” imbuh Ridho.

Ikon lainnya menckup Teluk Kiluan terletak di Pekon Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. “Teluk Kiluan menawarkan pengalaman melihat lumba-lumba langsung di habitatnya serta Air terjun putri malu ini terletak di wilayah Way Kanan. Air Terjun Putri Malu adalah salah satu tempat wisata di Lampung yang belum banyak dikenal,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro