Hiu Paus (Shark Whale) yang berenang mencari makan di Desa Botu Barani, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Rabu (6/4). Ketersediaan makanan yang cukup dan kualitas air laut yang baik membuat tujuh ekor Hiu Paus berukuran 5-10 meter sering datang ke lokasi tersebut./Antara
Travel

WISATA HIU PAUS Buka Peluang Bone Bolanggo Promosikan Wisata Lain

Newswire
Kamis, 11 Agustus 2016 - 11:25
Bagikan

Bisnis.com, GORONTALO - Kabupaten Bone Bolango di Provinsi Gorontalo dinilai dapat memanfaatkan pesona wisata hiu laut untuk mempromosikan potensi wisata lainnya. 

Objek wisata hiu paus di perairan Desa Botubarani, saat ini menjadi ikon Kabupaten Bone Bolango untuk mempromosikan sejumlah potensi dan sumber daya alam di daerah, termasuk tempat wisata lainnya.

"Pengelolaan lokasi wisata hiu paus ini harus ditata lebih baik, infrastruktur dipercantik dan dilengkapi mulai dari toilet yang memadai hingga infrastruktur lain penunjang pariwisata di Bone Bolango, karena sudah banyak diketahui publik," kata Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Kamis (11/8/2016).

Fenomena banyaknya ikan hiu paus di perairan Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, merupakan berkah bagi Kabupaten Bone Bolango, karena menjadi magnet tersendiri untuk wisata di daerah itu.

Namun yang lebih penting bagi Bupati Bone Bolango, adalah bagaimana bisa menjaga dan melestarikan. Karena hiu paus fenomena yang menakjubkan, harus dijaga dan lestarikan.

Kunjungan Ketua HIPMI Jaya (2014-2017) Iskandarsyah Ramadhan Datau ke lokasi itu, berarti objek wisata itu sangat dikenal luas.

"Dari pantauan kami, termasuk data yang ada di pemerintah kabupaten, ternyata kunjungan wisatawan mancanegara juga cukup banyak," tambahnya.

Karena sudah terkenal, ia seakan menjadi "brand" nasional dan menjadi promosi gratis Gorontalo dalam setiap iklan yang ditayangkan reguler di beberapa televisi nasional.

Bupati juga mengimbau keramahan warga di lokasi wisata hiu paus di Botubarani harus tetap dijaga.

Satu hal lagi yang sementara dipersiapkan oleh pemkab setempat yakni akan ada peningkatan infrastruktur untuk menunjang fasilitas objek wisata itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro