Hotel Eden Kuta Bali/istimewa
Travel

Kemenpar Ajak Lintas Kementerian Wujudkan Indonesia Destinasi MICE

Natalia Indah Kartikaningrum
Rabu, 10 Agustus 2016 - 17:03
Bagikan

Bisnis.com, KUTA - Kementerian Pariwisata  mengajak lintas kementerian atau lembaga mewujudkan Indonesia sebagai destinasi meeting, incentive, convention, & exhibition atau event (MICE).

Hidayat, Kepala Bidang Penguatan Jejaring pada Asdep Pengembangan Pasar Bisnis dan Pemerintah Kementerian Pariwisata Indonesia, mengatakan pihaknya mengharapkan semua elemen industri pariwisata, stakeholder, serta unsur pemerintah yang membidangi pariwisata bisa menyatukan persepsi serta menjadi acuan untuk sama-sama memajukan pariwisata khususnya bidang MICE.

“Kami melihat bahwa lintas kementerian dalam mengadakan event sering tidak terpantau oleh kami. Oleh karena itu kami butuh database dari kementerian dan lembaga pemerintah lainnya mengenai event mereka sehingga dapat mempromosikan Indonesia baik di dalam maupun di luar negeri melalui event yang mereka buat,” terangnya disela-sela Rakor Bidang MICE Lintas Kementerian/Lembaga, Rabu (10/8/2016).

Menurutnya, kendala yang dialaminya saat ini adalah masih banyak kementerian dan lembaga lainnya yang belum benar-benar mengerti tentang MICE.

“Oleh karena itu kami mencoba mengedukasi semua kementerian yang kami undang disini untuk sama-sama mengetahui apa itu MICE, apa bidangnya, bagaimana mendorong sektor MICE lebih maju di masing-masing kementerian dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Dia mengharapkan, MICE ini cukup memberikan sektor tersendiri untuk tujuan wisata, artinya peningkatan kunjungan wisata bidang MICE. Sekarang ini yang masih dominan adalah event-event budaya, dan wisata bahari.

Sedangkan event MICE sendiri sudah banyak yang melakukannya namun belum terpantau. Oleh karena itu pihaknya meminta dari kementerian-kementerian lain ini untuk bisa bersama-sama mengetahui event apa yang mereka bisa lakukan, sehingga pihaknya akan mendapatkan data guna mendukung pariwisata Indonesia.

“Pemerintah telah menempatkan MICE sebagai produk unggulan pariwisata nasional karena kontribusinya terhadap kunjungan wisman sangat signifikan, serta mendorong peningkatan perjalanan wisatawan nusantara cukup besar,” ujarnya.

Dia memaparkan, MICE masuk dalam lima teratas dalam mendatangkan wisatawan mancanegara selain wisata belanja dan kuliner, wisata budaya dan religi, wisata bahari, serta wisata olahraga.

Selain pertumbuhannya meningkat, daya saing MICE di Indonesia di tingkat global juga harus meningkat dari kondisi saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro