Ilustrasi/Reuters
Travel

Mau Hemat Data Selama Liburan, Ini Caranya

Juli Etha Ramaida Manalu
Jumat, 1 Juli 2016 - 15:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Libur tlah tiba! Saatnya melangkahkan kaki keluar dari rutinitas. Dewasa ini, ponsel sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari rutinitas sehari-hari. Mulai dari pengingat wakru (alarm) alat komunikasi, kamera, hingga album penyimpan foto dan video.

Selain merayakan Lebaran di kampung halaman, libur Lebaran kali ini bisa diisi dengan menjelajah tempat baru baik di dalam maupun luar negeri. Untuk kamu yang berencana berlibur ke luar negeri, ngga mau dong pulsa kamu habis tiba-tiba tanpa tahu dipakai untuk apa. Nah, untuk memastikan kamu bisa menghemat pulsa, lakukan tips dari Opera berikut ini:

Penawaran roaming

Sebelum berangkat ke bandara, periksa operator seluler kamu. Pastikan provider tersebut memiliki penawaran paket roaming internasional, yang dapat membantu menghemat pemakaian data.

Ketika sampai pada tempat tujuan, gunakan waktu untuk membaca SMS dari operator seluler dengan seksama. SMS tersebut biasanya berisi rincian biaya untuk panggilan, SMS dan pemakaian paket data selama liburan. Atau kamu juga bisa menghubungi operator seluler untuk bertanya lebih jauh perihal aturan roaming serta penawaran yang berlaku.

 Beralih ke browser

Penggunaan data lebih sedikit tentunya bisa menghemat uang. Namun, kamu tidak perlu mengurungkan niat untuk mencari lebih banyak info mengenai tempat liburan dan spot-spot asik yang bisa kamu tuju.

Untuk mengatasi penggunaan data berlebih, kamu bisa memilih menggunakan mobile browser seperti Opera Mini yang dapat menekan penggunaan data pada halaman web menjadi 10% dari ukuran aslinya. Selain itu, dan menelusuri internet dengan mobile browser juga akan lebih cepat ketika berada di lokasi dengan sinyal lemah.

Matikan pencurian data

Matikan notifikasi dan data yang berjalan di latar belakang. Statistik menunjukkan bahwa data latar belakang saat aplikasi tidak digunakan dapat memakan data hingga 30%.

Matikan sinkronisasi.

Sebelum berangkat kamu perlu mengecek kembali aplikasi seperti  Dropbox, Facebook atau Google Drive. Jika kamu menggunakan pengaturan  untuk mengunggah foto-foto liburan dari ponsel secara otomatis, matikan sinkronisasi ini untuk mengurangi penggunaan data.

Kamu juga bisa menyesuaikan pengaturan di smartphone sehingga foto-foto liburan hanya akan terunggah jika terhubung dengan Wi-Fi.

5. Siapkan segala macam hiburan di ponsel

Tentunya playlist musik dan film bisa menjadi teman kamu selama di perjalanan. Selain itu kamu juga bisa mencoba menyimpan halaman-halaman web yang sering kamu kunjungi.

Beberapa browser memiliki fitur yang memungkinkan kamu menyimpan halaman web yang kemudian dapat digunakan secara offline sehingga kamu dapat menggunakannya tanpa mengaktifkan roaming atau mencari Wi-Fi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro