Ilustrasi/Clapway
Travel

Pilah Pilih Travel Agent jika Tak Ingin Liburan Anda Berantakan

Eka Chandra Septarini
Minggu, 26 Juni 2016 - 19:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Bisa berlibur dengan kerabat dan keluarga dengan nyaman dan aman tentunya menjadi impian semua orang. 

Ditengah padatnya pekerjaan terkadang tidak sempat untuk mengatur keperluan liburan mulai dari tiket pesawat, penginapan, hingga kegiatan di lokasi tujuan.

Untuk itu memilih menggunakan jasa travel agent merupakan salah satu pilihan yang dianggap bisa menjawab keperluan tersebut. Namun, tentunya harus memilih travel agent yang sesuai agar tidak merusak rencana liburan. 

Sebagai konsumen kita dituntut untuk pintar memilah mana travel agent yang professional dan mana yang tidak. Jika memilih asal-asalan dengan tawaran harga murah misalnya, bisa jadi malah tertipu. Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih travel agent untuk liburan anda.

1. Aman
Pastikan travel agent pilihan tidak memiliki reputasi yang buruk. Selalu upayakan untuk mencari review tentang travel agent sebelum memilih, sebagai gambaran untuk mendapatkan informasi layanan yang diberikan. 

2. Teliti terutama terkait biaya
Tidak semua kesalahan juga berasal dari travel agent. Terkadang ada beberapa layanan tambahan yang oleh travel agent dikenakan biaya. Telitilah sebelum membeli paket wisata kepada travel agent, pastikan fasilitas apa saja yang didapat dan apa saja yang tidak didapat. Bila perlu adanya persetujuan tertulis antara konsumen dengan travel agent. 

3. Sesuai spesialisasi travel agent
Terkadang travel agent memiliki pengalaman dan spesialisasi pada destinasi dan jenis trip tertentu. Meskipun tak jarang banyak juga travel agent yang menyediakan layanan yang beragam. Misalnya anda ingin berwisata ke luar negeri, pastikan travel agent yang dipilih memiliki pengalaman untuk destinasi tersebut. 

4. Harga murah belum tentu sesuai 
Tidak sedikit konsumen yang kecewa karena ketidaksesuaian fasilitas yang ditawarkan dengan kenyataan. Boleh anda memilih travel agentdengan harga murah namun anda harus teliti dengan fasilitas yang ditawarkan. Pilihlah travel agent yang sedikit mahal namun memberikan fasilitas yang lengkap sesuai kebutuhan anda. Bicarakan dengan pihak travel agent fasilitas apa saja yang dibutuhkan dan yang tidak dibutuhkan. Tentu saja mereka akan menyesuaikan dengan paket yang dipilih. 

5. Pilih yang profesional
Bukan berarti travel agent yang baru tidak memiliki profesionalitas dalam melayani. Hanya saja, dengan pengalaman yang dimiliki, travel agent profesional memiliki opsi-opsi dan juga masukan kepada konsumennya. Yang perlu diingat ini adalah bisnis jasa yang point of view nya yaitu pada pelayanan yang mampu memuaskan anda. Hal tersebut dapat dilihat dari bagaimana mereka memperlakukan konsumen, merespon konsumen, hingga terkait dengan pendataan konsumen. 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro