Kebun Raya Bedugul di Tabanan, Bali/Antara-Nyoman Budhiana
Travel

Pesta Kesenian Bali 2016 Bakal Dibuka Presiden

Ropesta Sitorus
Sabtu, 11 Juni 2016 - 01:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo dan Menteri Pariwisata Arief Yahya dijadwalkan menghadiri pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-38 pada Sabtu (11/6/2016).

Acara berjudul 38th Bali Art Festival 2016 Karang Awak; Mencintai Tanah Kelahiran merupakan salah satu festival terbesar di Pulau Dewata yang bakal berlangsung sampai 9 Juli 2016.

“Presiden berkenan hadir di acara ini, besok, 11 Juni 2016,” kata Menpar Arief Yahya pada Jumat (10/6/2016)

Pesta kesenian ini diikuti sembilan kabupaten kota se-Bali serta daerah sekitarnya seperti Banyuwangi (Jawa Timur) dan Nusa Tenggara Timur.

Arief menyebutkan Bali merupakan pintu masuk wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia yang paling strategis. Sedikitnya 40 persen dari seluruh wisman masuk via Bali, 30 persen via Jakarta dan 20 persen via Kepulauan Riau.

Kepala Dinas Pariwisata Pemprov Bali A. A. Gede Agung Yuniartha mengatakan dalam PKB, ada banyak kegiatan yang bakal disajikan untuk menarik minat wisman maupun wisatawan nusantara (wisnus).

Yuniartha juga menjelaskan kegiatan ini adalah bagian dari usaha menjaga peradaban Bali. PKB merupakan wadah penggalian, pelestarian, dan pengembangan seni budaya Bali.

“Kekuatan Bali sebagai destinasi wisata adalah budaya. Kalau tidak dipertahankan, dikembangkan, dilestarikan, ini akan bahaya buat masa depan Bali. Kami ingin para pelaku seni yang ada di Bali selalu berinovasi dan selalu memberikan kreatifitas-kreatifitas terbaik yang mereka miliki,” kata Yuniartha.

Dalam acara yang berlangsung selama sebulan tersebut, pengunjung dapat menyaksikan teater Bali modern, festival kuliner khas daerah maupun makanan ringan, pertunjukan musik, serta tari-tarian kontemporer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro