Hotel Tugu Malang/tripadvisor
Kuliner

Ada Menu Lara Jonggrang di Hotel Tugu Malang

Choirul Anam
Kamis, 9 Juni 2016 - 18:04
Bagikan

Bisnis.com, MALANG - Hotel Tugu Malang menawarkan menu di era  pemerintahan Raja Hayam Wuruk, menu Lara Jonggrang, untuk berbuka dan sahur pada Ramadan tahun ini.

Executive Assistant Manager Hotel Tugu Malang Crescentia Harividyanti mengatakan, menu tersebut terinspirasi oleh perjalanan kerajaan melalui desa – desa selama masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk, yang memegang pemerintahan Kerajaan Majapahit pada awal abad ke-14. 

Setiap penduduk dari masing – masing daerah, mempersembahkan sajian yang sangat lezat dengan berbagai macam menu khas dari pedalaman  untuk Sang Raja.  Ekspedisi kerajaan yang menelusuri pesisir pantai sepanjang tahun bahkan ratusan tahun dengan beraneka ragam budaya khususnya masakan – masakan daerah yang sangat eksotis.

Ekspedisi ini lah yang kemudian berkembang menjadi Jalur Sutra, melewati  kota-kota pelabuhan Nusantara, seperti Samudra Pasai, Pidie, West Coast of Sumatra, Palembang, Sunda Kelapa, Banten, Cirebon, Semarang, Demak, Tuban, Gresik, Sumbawa Besar, Pontianak, Banjarmasin, Selat Makassar Makassar, Ternate, Tidore, perairan Maluku, Barus yang dikunjungi oleh pedagang sutra yang  bepergian bolak-balik antara Cina dan Eropa. 

Interaksi budaya ini menjadi pengaruh yang signifikan terhadap kuliner khas yang dimiliki oleh setiap pelabuhan/kota.

“Pengalaman kuliner yang sangat otentik untuk berbuka puasa hingga sahur.  Mulai dari “Ta’jil” Sweet Temptation, baik yang segar–segar dingin maupun yang hangat–hangat,” ujarnya di Malang, Kamis (9/6/2016).

Cita rasa rempah–rempah traditional Indonesia berikut resep–resep leluhur menghasilkan hidangan–hidangan utama seperti  Soto Buntut Goreng Lara Djonggrang, Gulai Ikan Patin dengan Asam Kandis, Ayam Masak Cabe Hijau Celebes, hingga Nasi Bakar Krengsengan Iga Sapi Kacang Tolo dan Nasi Bakar Tuna Rica Daun Ruku – Ruku, dan lainnya.

“Dengan asupan menu seperti itu, maka akan membuat kebutuhan gizi dan energi selalu prima meski berpuasa,” ucapnya.

Yang menjadi signature dish untuk menu Ramadan kali ini adalah Kambing Panggang Suku Bedoiun akan semakin melengkapi jamuan buka puasa/sahur sehingga menjadi pengalaman tak terlupakan.

Tidak hanya di Melati Restaurant,  selama Ramadan Hotel Tugu juga memberikan complimentary Roving Malang’s Marvels on  Bicycle untuk tamu yang menginap.

Sambil bersepeda, tamu–tamu akan menikmati Beautiful Malang era kolonial peninggalan sejarah zaman Belanda, keunikan kampung tradisional dan hijaunya taman–taman kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Choirul Anam
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro