Ilustrasi/broowaha.com
Kuliner

Tips Agar Tampilan Makanan Menggugah Selera

Azizah Nur Alfi
Kamis, 2 Juni 2016 - 10:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Aktivitas memotret makanan kemudian mengunggahkan di media sosial, sudah menjadi tren belakangan ini. Namun, bagaimana menata sebuah hidangan sehingga tampil menarik di depan kamera?

Food Stylist Vania Samperuru memiliki beberapa tips wajib yang perlu diperhatikan ketika menata sebuah hidangan sehingga tampil cantik di depan kamera. 

Pertama, pastikan keseimbangan dan pemilihan properti yang masuk akal sebagai pelengkap hidangan. Misalnya, dengan memperhatikan ukuran dan jenis alat makan yang digunakan sesuai dengan jenis hidangan.

"Misal puding diletakkan di piring lalu di sampingnya ada garpu, itu tidak masuk akal," tuturnya saat memberi pengarahan kepada pelaku usaha kecil dan menengah. 

Kedua, siapkan konsep. Konsep yang matang akan mempertegas pesan yang ingin disampaikan. 

Ketiga, sesuaikan warna makanan dengan warna properti. Anda juga dapat memainkan kombinasi warna pada hidangan. Hal ini akan menciptakan sesuatu yang berbeda. Misalnya, ketika sedang tren cake in a jar. Nah, jika ingin bermain dengan warna properti, maka putih masih menjadi warna yang aman.

"Pastikan properti berasal dari satu brand agar mendapat tingkat warna yang sama," sarannya. 

Keempat, manfaatkan pertemuan antar garis. Anda dapat meletakan hidangan berada di pertemuan garis horizontal dan vertikal. Sebaliknya, beberapa kalangan menyebut peletakan makanan di tengah akan membosankan. Namun, menurut Vania, hal ini dapat disiasati dengan memainkan warna, tekstur, dan cahaya. 

"Siapkan 5-10 menit untuk berpikir sejenak. Waktu sedikit akan menghasilkan gaya yang berbeda," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro