Lokomotif Mak Itam/Bisnis-Andhika
Travel

Ramadan, Sawahlunto Sasar 8.000 Pengunjung

Newswire
Senin, 30 Mei 2016 - 20:23
Bagikan

Bisnis.com, SAWAHLUNTO - Perusahaan Daerah PT Wahana Wisata Sawahlunto (WWS), Sumbar, menargetkan 8.000 orang pengunjung wahana wisata Taman Air Muaro Kalaban, jelang Ramadan 1437 Hijriyah.

"Tahun lalu lonjakan pengunjung terjadi pada sehari sebelum Ramadan, karena tahun ini bertepatan dengan masa liburan sekolah kami perkirakan ada potensi kunjungan sejak enam hari sebelumnya," kata Manajer Marketing PT WWS, Ibeng S Pamungkas, di Sawahlunto, Senin (30/5/2016).

Potensi tersebut, lanjutnya, coba dimanfaatkan pihaknya dengan menyiapkan hiburan musik hidup di wahana tersebut, sejak 1 hingga 6 Juni 2016 dengan pencapaian rata - rata kunjungan mencapai 1.500 orang per hari.

Untuk merealisasikan target tersebut, pihaknya sudah mulai melakukan upaya promosi dengan sasaran pengunjung perorangan atau kelompok.

"Langkah tersebut diyakini dapat meningkatkan popularitas wahana wisata Taman Air ditengah ketatnya persaingan objek wisata serupa di Sumatera Barat," kata dia.

Selain itu, pihaknya juga tengah merancang paket wisata "Balimau" yang sudah menjadi ciri khas masyarakat di provinsi itu dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan setiap tahun.

Menurutnya, peluang untuk memenuhi target tersebut cukup terbuka karena sebagian besar masyarakat kota itu serta beberapa daerah sekitar, lebih memilih lokasi tradisi balimau yang dekat dengan permukiman mereka.

"Sehingga ibadah Ramadan mereka bisa terjaga sejak hari pertama puasa, jika dibandingkan dengan mengunjungi objek wisata yang berada cukup jauh dan membutuhkan waktu serta biaya yang lebih lama dan mahal.”

Sementara itu, beberapa pengunjung wahana tersebut menilai sejauh ini objek wisata itu masih menjadi pilihan utama mereka untuk merayakan masuknya bulan Ramadan.

"Yang perlu dibenahi antara lain penetapan tarif parkir kendaraan yang belum seragam serta keamanan barang bawaan pengunjung, agar suasananya lebih aman dan nyaman," kata salah seorang pengunjung, Nayla (18).

Menurutnya, hal itu merupakan syarat utama bagi mereka ketika akan memilih objek wisata yang akan dikunjunginya bersama keluarga.

Senada, salah seorang pengunjung lainnya, Arif CH(23), menilai tarif tiket masuk yang ditetapkan pengelola wahana tersebut cukup terjangkau oleh kalangan manapun.

"Akan lebih menarik jika tiket masuk tersebut diundi dan pemenangnya dapat mengambil hadiah pada puncak pelaksanaan tradisi balimau," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro