Lembata di Nusa Tenggara Timur (NTT)/youtube
Travel

Novel Cintaku di Lembata Ekspos Keindahan Pulau Lembata

Azizah Nur Alfi
Minggu, 29 Mei 2016 - 00:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemain film era 60an-70an Sari Narulita resmi meluncurkan novel terbarunya Cintaku di Lembata. Sari tidak hanya menyajikan kisah cinta pria wanita, tetapi juga cerita perjalanan, keindahan alam, dan budaya di Pulau Lembata, NTT, yang belum banyak terekspos. 

Melalui tokoh Kayla dan Gringgo, pembaca diajak meniti seribu anak tangga menyaksikan para penenun di Jontona. Desa Jontona juga dikenal sebagai tempat pembuatan garam secara tradisional menggunakan daun lontar dan siput-siput laut. Banyak turis tertarik dan datang sekadar melihat proses pembuatannya.
 
Petualangan berlanjut dengan menaiki gunung Ile Lewotolok ke kampung lama Lewohala. Selanjutnya, pembaca dibawa untuk menyaksikan atraksi perburuan ikan paus secara tradisional di Lamalera, hingga menikmati senja di Bukit Cinta, Wolor Pass.

Sari terlanjur jatuh cinta pada Lembata. Dia terkagum dengan keindahan alamnya yang masih murni, budaya, dan tradisi yang masih terjaga. Namun sayang, belum banyak orang mengetahui tentang wilayah itu.
 
“Keinginan saya ingin memperkenalkan Lembata ke masyarakat yang lebih luas. Karena lewat buku akan dikenang puluhan tahun,” tutur aktris yang telah bermain dalam 36 judul film itu.
 
Manager Bidang Fiksi Gramedia Pustaka Utama, Anastasia Mustika, menilai novel ini akan membuat pembacanya mengenal Lembata lebih jauh. Tidak saja keindahan alam yang eksotis, tetapi juga adat istiadat dan kebudayaan yang memikat. “Saya terbayang bagaimana rasanya memandang pantai berpasir putih dengan lautan sewarna turquoise dari ketinggain, seperti yang dideskripsikan dalam novel,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro