Jalan bawah akuarium raksasa. /Bisnis.com
Travel

Jalan-jalan ke Aquarium Raksasa di Kota Rambut Palsu

Azizah Nur Alfi
Sabtu, 21 Mei 2016 - 09:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sudah ada rencana menghabiskan akhir pekan? Jika Anda berada di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, sebaiknya tidak melewatkan lokawisata yang menampilkan paket wisata pendidikan. Anda dan keluarga, terutama anak-anak, dapat berwisata sekaligus belajar tentang spesies ikan dan burung di Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas.

Menempati lahan seluas 8,5 hektar di Desa Purbayasa Kecamatan Padamara, Purbasari Pancuran Masa seolah menawarkan paket wisata all in one. Mengusung konsep wisata pendidikan karena menggabungkan wisata alam buatan dengan wahana modern. Ada aquarium, taman burung, kebun, hingga kolam renang.

Setelah membeli tiket seharga Rp16.000, Anda akan disambut dengan berbagai spesies ikan yang ditempatkan dalam aquarium mini. Ada Oscar Albino, ikan yang berasal dari Amerika Selatan. Ada pula ikan Kafiat, ikan yang tersebar di sungai, rawa, dan danau pulau Sumatera dan Kalimantan.

Terbilang biasa memang, tetapi tunggu dulu. Melewati lorong, pengunjung disambut dengan kehadiran ikan raksasa dari Amazon, Arapaima Gigas. Ikan berukuran 2 meter hingga 2,5 meter dan berat 1,2 kuintal hingga 1,5 kuintal ini, masih dapat terus berkembang hingga ukuran 4,5 meter. Jika sedang beruntung, pengunjung dapat menyaksikan saat raksasa pemakan daging ini diberi makan berupa daging segar seberat 7-10 kg setiap dua hari sekali.

Ikan air tawar yang masuk daftar satwa langka dilindungi CITES dan IUCN ini, memiliki keunikan mampu beradaptasi pada lingkungannya. Jika saat air menyusut dan kadar oksigen menurun, maka Arapaima akan menghirup udara langsung dari atmosfer. Jika air kering, maka Arapaima dapat menggulungkan diri membentuk bola dan membenamkan diri dalam lubang sampai air kembali datang.

Usai menikmati pesona ikan raksasa, pengunjung dapat terus memasuki lorong menuju Toyoshuka Planet Aquarium. Aquarium Toyoshuka menyuguhkan pesona aquarium dalam kemasan baru dengan ukuran bangunan panjang 25 meter lebar 15 meter dengan ketinggian 8 meter. Sambil menikmati ragam jenis ikan air tawar berenang, Anda juga dapat menyaksikan bangunan terkenal dunia dalam bentuk mini di dalam aquarium Toyoshuka. Bangunan ini sebagai simbol negara asal ikan.

Keluar dari Aquarium Toyoshuka, pengunjung dapat menikmati wahana berikutnya. Salah satu suguhan menarik sebagai rangkaian wisata di Purbasari Pancuran Mas, adalah Exotic Bird Park. Taman burung ini menyuguhkan daya tarik unggas dari lokal dan macanegara. Total ada lebih dari 75 jenis unggas yang ditempatkan menyebar di setiap sudut taman.

Menyusuri dari satu wahana ke wahana berikutnya dihubungkan dengan jalan setapak dengan pemandangan tumbuhan dan rumput di kanan kiri jalan. Pengunjung juga dimanjakan dengan pemandangan kebuh buah naga selagi berjalan menuju wahana berikutnya. Sejumlah gazebo, bangku, dan pendopo juga disiapkan sebagai tembat beristirahat jika dirasa lelah. Menikmati pesona Purbasari Pancuran Mas tidak cukup hanya dua atau tiga jam saja. Sebab, Anda membutuhkan lebih banyak waktu untuk menikmati seluruh wahana yang disediakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro