Sejumlah wisatawan menyaksikan ritual potong rambut Gimbal saat dilangsungkan Dieng Culture Festival (DCF)-6 di komplek candi Arjuna kawasan dataran tinggi Dieng, Batur, Banjarnegara, Jateng,./Antara
Travel

Liburan Panjang, Wisatawan Membludak di Dieng

Fatia Qanitat
Senin, 9 Mei 2016 - 17:35
Bagikan

Bisnis.com, SEMARANG--Setidaknya sebanyak 15.000 wisatawan mengunjungi dataran tinggi Dieng selama liburan panjang pada pekan kemarin.

Kepala Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Wonosobo Agus Purnomo mengatakan Dieng masih menjadi magnet kuat bagi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

"Kepadatan kendaraan luar biasa, melebihi musim liburan lainnya. Banyak turis yang terpaksa memutar balik. Objek wisata yang dituju adalah Gunung Prau, Puncak Sikunir, Telaga Cebong, Telaga Warna, Dieng Plateu Theatre dan Tuk Bimolukar," katanya dalam keterangan resmi, Senin (9/5/2016).

Berdasarkan laporan pengelola basecamp di jalur pendakian Gunung Prau, terdapat lebih dari 3.500 orang pendaki, sejak Kamis (5/5/2016) sampai Sabtu (7/5/2016). Sementara itu jumlah pengunjung di kawasan Desa Sembungan mencapai lebih dari 6.000 orang.

Membludaknya jumlah wisatawan tersebut, sambungnya, membawa berkah bagi pelaku usaha pariwisata, termasuk pedagang dan pengelola hotel.

Meskipun demikian, dia mengatakan akibatnya banyak sampah yang menumpuk di objek wisata. Di Gunung Prau diperkirakan terdapat sampah hingga 1 ton.

"Saya akan segera berkoordinasi dengan jajaran pengelola objek wisata dan dinas terkait dalam hal pengelolaan sampah ini. Agar tidak menimbulkan keengganan wisatawan untuk kembali berkunjung ke Dieng," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatia Qanitat
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro