Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KAPAL SPIRIT of MAJAPAHIT: Pelayaran Dimulai Bulan Ini, Libatkan Ahli Sejarah

Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Republik Indonesia bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan Komunitas Pecinta Majapahit meresmikan pelaksanaan ekspedisi Spirit of Majapahit, Senin (2/5/2016)
Kapal Spirit of Majapahit./Antara
Kapal Spirit of Majapahit./Antara

Bisnis.com, JAKARTA– Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Republik Indonesia bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan Komunitas Pecinta Majapahit meresmikan pelaksanaan ekspedisi Spirit of Majapahit, Senin (2/5/2016).

Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Manusia, IPTEK, dan Budaya Maritim Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya, Safri Burhanuddin menyatakan Tim Ekspedisi Spirit of Majapahit sudah dilakukan sejak 2009.

“Pembangunan kapal ini dilanjutkan di Madura, Jawa Timur. Direncanakan berangkat 2010 ke Jepang, tetapi 2010 ada badai di Manila, Filipina sehingga keberangkatan dibatalkan. Sementara pada 2011 terjadi tsunami di Jepang, alhasil ditunda kembali dan baru 2016 dilanjutkan,” terang Safri dalam sambutannya membuka ekspedisi Spirit of Majapahit, di Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

Safri menyebut kegiatan ini dilakukan untuk mengembangkan relasi budaya yang baik antara Indonesia dan Jepang, serta mengingatkan adanya momentum sejarah pada abad 13 dimana ada kapal Kerajaan Majapahit yang berlayar ke Okinawa, Jepang. Sejak saat itu sejarah mencatat sudah ada hubungan bilateral antara Indonesia dengan Jepang.

“Ada bukti pusaka Majapahit berupa keris dan peluru atau produk imori khas Jepang yang dijumpai dari Majapahit. Ini kami ingin buktikan sudah hubungan. Tahun ini melaksanakan, nanti ada kapal layar yang seperti replikanya di Candi Borobudur,” ujarnya.

Pelayaran Spirit of Majapahit ini akan dimulai pada hari Minggu bulan ini. Rencana ekspedisi ini sebelumnya direncanakan dengan melibatkan para ahli sejarah dan perkapalan dari Jerman, Belanda, Perancis, Jepang, Institut Teknologi Surabaya, Universitas Hasanuddin, Universitas Sumatera Utara, dan Universitas Indonesia. Ekspedisi ini juga bekerjasama dengan Takushoku University.

Kegiatan ini akan meliputi napak tilas pelayaran Majapahit ke Jepang pada awal bulan Mei-Juli 2016 dengan rute Jakarta-Pontianak-Brunei Darussalam-Manila-Jepang. Kegiatan lainnya adalah menjadikan kapal layar Spirit of Majapahit sebagai simbol dari semangat maritime Majapahit dan menjadi monument di Jepang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler