Labuan Bajo, Flores/indonesia.travel
Travel

Tour de Flores: Menteri Basuki Cek Infrastruktur di Labuan Bajo

Emanuel B. Caesario
Sabtu, 30 April 2016 - 11:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. mengunjungi Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur dalam rangka melihat kesiapan infrastruktur PUPR untuk mendukung pengembangan wisata di daerah tersebut, Jumat (29/4/2016).

“Tujuan saya ke Labuan Bajo ini ingin memastikan ketersediaan air bersih yang ada di sini, karena Labuan Bajo merupakan salah satu dari 10 destinasti wisata unggulan yang dicanangkan Presiden Joko Widodo," katanya seperti dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR, Sabtu (30/4/2016).

Hal tersebut disampaikannya saat melihat langsung kondisi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dan kesiapan jalan jelang Tour de Flores  pada 16-26 Mei 2016 nanti.

Dalam kegiatan kunjungan kerja tersebut, Menteri Basuki didampingi Direktur Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum, M Natsir dan Kepala Pusat Bendungan Kementerian PUPR, Imam Santoso.

Saat ini, Labuan Bajo mempunyai SPAM yang dikelola oleh PDAM Manggarai Barat dengan sumber air berasal dari tiga mata air yaitu mata air Wae Cumoe, Wae Baru dan Wae Cecer dengan kapasitas 39 liter/detik yang melayani 2.000 Sambungan Rumah (SR). 

Di samping itu, telah dilakukan  pengembangan jaringan distribusi melalui SPAM yang bersumber dari Bendung Waemese yang melayani 920 SR dengan kapasitas 40 liter/detik dari dana APBN 2012-2013 sebesar Rp 43 milyar.

Di Kabupaten Manggarai, pembangunan SPAM ini tidak hanya di Labuan Bajo saja, ada juga pembangunan SPAM di Desa Komodo dengan kapasitas 2 x 0,8 liter/detik dan dirancang dengan menggunakan tenaga matahari (solar cell) dan genset (bahan bakar minyak). 

Saat ini SPAM Desa Komodo dikelola oleh organisasi masyarakat setempat dan telah melayani 50 unit sambungan langsung dari rencana 100 unit.

Sebelum mengunjungi SPAM, Basuki melihat kondisi pengaman Pantai Labuan Bajo yang yang dibangun Satuan Kerja (Satker) Pelaksana Jaringan Sumber Air (PJSA) Balai Wilayah Sungan Nusa Tenggara II, Kementerian PUPR. 

Basuki mengatakan, bahwa tujuan pembangunan pengaman air untuk pengendalian dan penanggulangan daya rusak air serta mitigasi bencana alam di wilayah itu.

Selain itu, pengaman pantai juga berfungsi menahan derasnya ombak yang masuk ke perkampungan warga sekitar pantai, terutama Desa Kampung Tengah dan Kampung Ujung.

Dia pun meminta pemerintah daerah dan masyarakat setempat bekerjasama untuk menjaganya agar infrastruktur pengaman pantai yang sudah ada tersebut tidak rusak dan kotor.

"Diharapkan pemda dan masyarakat berperan aktif untuk menjaga infrastruktur yang sudah dibuat ini," katanya.

Kasubdit Perencanaan Wilayah Sungai Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Charisal Manu mengatakan pengaman pantai tersebut memiliki panjang satu kilometer terdiri dari 650 meter di Kampung Tengah dan 350 meter di Kampung Ujung.

Usai mengunjungi 2 lokasi tersebut, Menteri Basuk melanjutkan meninjau Jalan Nasional Lintas Flores yang sempat tertutup longsor akibat curah hujan yang tinggi. Jalan yang terkena longsor tersebut di ruas jalan Labuan Bajo menuju Ruteng tepatnya di desa Liang Dara Kabupaten Manggarai.

Rute

Jalan Nasional Lintas Flores ini rencananya menjadi bagian rute yang dilalui para peserta Tour de Flores yang akan menempuh jarak sejauh 661,5 km dan terbagi dalam 5 etape.

Etape tersebut antara lain, Larantuka – Maumere, Maumere– Ende, Ende - Bejawa, Bejawa – Ruteng, dan Ruteng - Labuan Bajo. Di tiap etape, para peserta Tour de Flores akan dimanjankan dengan pemandangan alam yang luar biasa indah.

Menteri Basuki saat ditanya wartawan mengatakan memang terdapat tebing yang longsor dan mengakibatkan jalan tertutup karena curah hujan yang cukup tinggi serta ada beberapa titik terdapat lubang kecil.

"Kami upayakan H-7 jalan yang longsor serta lubang sudah bisa kita selesaikan. Saya juga sudah minta kepada Kepala Balai agar ditambah lagi para pekerjanya", tambahnya.

Untuk persiapan jangka pendeknya pada Tour de Flores 2016 ini menurutnya, akan siapkan alat berat di titik yang rawan longsor dan tangki-tangki air.

"Begitu ada yang longsor, bisa langsung diatasi dengan alat berat serta langsung disemprot dengan air", tegasnya.

Basuki pun berharap Labuan Bajo bisa mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan.

"Labuan Bajo yang ada di Pulau Flores ini, merupakan gerbang bagi wisatawan yang ingin meneruskan wisatanya ke Pulau Komodo atau Rinca, untuk melihat habitat asli komodo yang merupakan kadal terbesar di dunia," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro