Turis dari Timur Tengah/arabianbusiness.com
Travel

Gaet Pasar Arab, ITPC Promosikan Wisata Bali Bernuansa Islami

Wike Dita Herlinda
Jumat, 29 April 2016 - 22:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC) Jeddah mencoba mempromosikan budaya Bali dengan cara lebih Islami di Jeddah, Arab Saudi.

Upaya tersebut dibungkus dalam acara bertajuk "Bali Night Event", yang dihelat selama sepekan mulai akhir April hingga 7 Mei 2016 di Park Hyatt Hotel, Jeddah Marina, Club and Spa, di Jeddah, Arab Saudi.

Budaya Bali dikemas menjadi lebih Islami dengan perpaduan simbol budaya Bali dan Timur Tengah yang Islami.

Acara yang dibuka selepas Isya' hingga tengah malam ini menyuguhkan alunan musik khas Bali yang mengiringisiswa Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ) yang menarikan tari Pendet dengan pakaian lebih tertutup.

Ruangan dihias kain hitam putih khas Bali sehingga tampak khas Bali. Selain tampilan budaya, juga didemonstrasikancara memasak dan menyajikan makanan khas Bali oleh chef yang didatangkan langsung dari Bali.

"Upaya ini dilakukan untuk terus meningkatkan awareness masyarakat Arab Saudi terhadap Indonesia," jelas Kepala ITPC Jeddah, Gunawan dalam siaran pers, Jumat (29/4/2016).

Menurut Gunawan, Bali Night Event bertujuan untuk mempromosikan tempat-tempat wisata yang terkenal di Indonesia, juga produk-produk kecantikan, baju tradisional, makanan dan minuman, kopi dan teh, dan produk-produk berkualitas lainnya dari Indonesia.

"Promosi Indonesia ini akan dilakukan secara berkelanjutandan bertahap," ujarnya. Menurut Gunawan, sebagian besar undangan yang hadir pada acara ini merupakan mitra dari ITPC Jeddah yang terdiri dari pengusaha-pengusaha Arab Saudi.

Selama ini mereka sangat antusias berdiskusi di kantor ITPCJeddah untuk menanyakan jenis produk dan jasa yang dimiliki Indonesia yang berpotensi untuk diekspor ke
Arab Saudi.

"Saya optimis, promosi ini akan sangat efektif untuk memperkenalkan Indonesia lebih jauh lagi kepadamasyarakat dan dunia usaha di Arab Saudi," tegas Gunawan.

Bali Night Event dibuka langsung oleh perwakilan KJRI Jeddah. Acara ini terselenggara atas kerja sama antara ITPC Jeddah dengan Pelaksana Fungsi Ekonomi (PFE) Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Park Hyatt Hotel Jeddah Marina, Club and Spa, serta Batavia Restaurant.

Batavia Restaurant merupakan sebuah restoran yang menyajikan masakan 100% Indonesia yang berada di Jeddah. Peluang ini juga ditangkap oleh Direktur Keuangan Hotel Park Hyatt, Nur Iman.

"Ke depan, tempat Spa yang berada di kawasan Park Hyatt Hotel nantinya bisa menggunakan produkproduk Indonesia," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro