Ilustrasi/Lifehacker
Travel

WISATA TIMUR TENGAH: Tips Persiapan Dana Jalan-Jalan

Deandra Syarizka
Sabtu, 23 April 2016 - 14:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Metode pembayaran menjadi salah satu pertimbangan yang penting dipikirkan sebelum memutuskan bepergian ke luar negeri, terutama ke negara yang belum pernah kita kunjungi.

Hal ini diperlukan untuk menyiapkan seberapa banyak uang tunai yang harus disiapkan di dompet kita.

“Masing-masing negara sangat berbeda dalam hal pembayaran, dan banyak pejalan yang kekurangan informasi tentang fasilitas dan cara pembayaran yang berlaku umum di Timur Tengah,” ungkap Mamoun Hmedan, Managing Director Wego Timur Tengah, Afrika Utara, dan India.

Menurutnya, wilayah Timur Tengah sangat kaya seharah dan budaya, juga memiliki lanskap pantai yang menakjubkan, sekaligus penghubung utama berbagai kota bisnis internasional.Seiring berkembangnya daerah Timur Tengah, semakin banyak pula pengunjung yang datang untuk urusan bisnis dan liburan.

Sayangnya,  dia menilai, masih banyak pejalan yang bingung harus membawa uang tunai atau kartu kredit.

Bila Anda berencana beribur atau bepregian ke Timur Tengah, berikut panduan singkat tata cara pembayaran di sebagian negara, seperti dilansir dari situs pencari wisata Wego.com.

Yordania (Dinar Yordania JD)

Di Yordania, kartu kredit berlogo Visa lebih banyak diterima dibanding MasterCard, terutama untuk restoran dan hotel besar. Sementara di  tempat wisata seperti museum dan kafe lokal, biasanya hanya menerima uang tunai.

“Yordania telah berkembang menjadi destinasi wisata idaman berkat warisan sejarah seperti Petra, Wadi Rum, dan resort Laut Merah. Negara ini  booming tahun 90-an dan sejak saat itu telah menerima banyak investasi asing,” jelas Hmedan.

Amman adalah pusat budaya, ekonomi, dan politik Yordania. Kota ini terbilang istimewa karena menawarkan sensasi Timur Tengah yang modern. Wilayah Amman dibagi dua, yakni pusat budaya yang menyimpan peninggalan sejarah, dan wilayah urban yang berisi pusat perbelanjaan, gedung pencakar langit, dan fasilitas modern lainnya. Di kedua bagian kota tersebut, mesin ATM sudah banyak tersedia

Oman (Rial Oman OMR)

“Oman adalah negara spektakuler yang menawarkan petualangan padang pasir dan kecantikan barisan pegunungan Al Hajar, namun juga mampu memanjakan wisatawan dengan resort spa mewah. Di ibu kotanya, Muscat, terdapat pelabuhan terpenting di Jazirah Arab sejak awal abad pertengahan, serta spot-spot historis yang meninggalkan jejak kolonialisme Portugis,” jelas Hmedan

Pemerintah Oman menerapkan peraturan pembangunan yang ketat, setiap bangunan baru harus mengikuti gaya arsitektur tradisional Oman sehingga atmosfer budaya tetap terjaga di negara ini.

Di negara ini, ATM telah tersedia dan pembayaran dengan Visa dan MasterCard juga banyak diterima Muscat terbilang modern dalam hal teknologi pembayaran. Sebagai tambahan, hotel berbintang dan agen travel juga menawarkan penarikan tunai dengan kartu kredit dan jasa pencairan cek. Hal lain yang membuat jalan-jalan ke Muscat menyenangkan adalah Anda bisa tawar-menawar di banyak toko.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro