Ilustrasi/Julemag
Travel

Tips Mengatur Keuangan Saat Travelling

Abdul Rahman
Selasa, 19 April 2016 - 06:01
Bagikan
Bisnis.com,JAKARTA--Liburan yang telah direncanakan sejak jauh-jauh hari dapat saja terganggu apabila Anda gagal menyiapkan kondisi keuangan Anda. Berikut beberapa tips dari Mastercard yang dapat membantu menjaga uang yang Anda miliki agar tetap aman selama travelling baik di dalam maupun luar negeri.
 
1. Beritahu bank mengenai perjalanan Anda
 
Bila berkunjung ke mancanegara, hubungi pihak bank untuk mengaktifkan kartu Anda agar dapat digunakan di luar negeri. Anda juga dapat menon-aktifkan kartu Anda untuk penggunaan di luar negeri saat sudah kembali dari liburan.
 
2. Manfaatkan perlindungan yang ditawarkan
 
Gunakan kartu debit ataupun kartu kreditsebagai ganti dari uang tunai saat melakukan pembelian. Dengan kebijakan zero-liability dan transaksi yang tercatat, Anda akan terlindungi dari transaksi pembayaran yang tidak sah.
 
3.Periksa kembali daftar pembelian Anda
 
Periksa kembali catatan transaksi pembayaran Anda secara rutin selama Anda travelling. Akseslah transaksi pembayaranmelalui mobile application yang dimiliki oleh Bank penerbit kartu Anda atau melalui internet browser pastikan hal tersebut Anda lakukan hanya melalui jaringan Wi-Fi pribadi.
 
4. Menyimpan nomor penting di kontak Anda
 
Simpanlah nomor-nomor telepon penting - baik lokal dan internasional yang mudah dihubungi setiap saat. Ketika Anda harus melaporkan kehilangan atau pencurian, Anda tahu siapa yang harus dihubungi.
 
5. Tetap waspada
 
Pastikan Anda tetap waspada untuk setiap aktivitas yang mencurigakan atau perangkat yang tidak biasa di mesin ATM sebelum memasukkan kartu Anda. Selain itu, jangan lupa untuk menutupi pin-pad dengan tangan Anda saat memasukkan kode pin ATM maupun informasi rahasia lainnya.
 
6. Lindungi diri Anda dengan password
 
Untuk memastikan informasi yang Anda miliki tetap aman, gunakan password untuk melindungi ponsel, tablet serta laptop Anda saat travelling. Anda juga dapat mengatur setiap perangkat Anda untuk auto-lock setelah beberapa menit tidak digunakan. Hal tersebut dapat membantu untuk menjaga informasi transaksi pembayaran maupun informasi penting lain yang berada dalam perangkat Anda agar tetap aman dan terlindungi.
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Abdul Rahman
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro