Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tip Murah & Mudah Berlibur ke Maladewa

Siapa bilang berwisata ke Maladewa selalu identik dengan biaya mahal. Kini, berkunjung sekaligus berlibur ke negeri seribu pulau di Samudera Hindia itu tidak lagi harus mahal
Bambang Supriyanto
Bambang Supriyanto - Bisnis.com 18 April 2016  |  19:46 WIB
Suasana liburan di atas sebuah kapal feri di Maladewa
Suasana liburan di atas sebuah kapal feri di Maladewa

Bisnis.com, JAKARTA - Siapa bilang berwisata ke Maladewa selalu identik dengan biaya mahal. Kini, berkunjung sekaligus berlibur ke negeri seribu pulau di Samudera Hindia itu tidak lagi harus mahal.

Berikiut tip berlibur ke Maldives dengan mudah & hemat:

1.    Pergi menggunakan maskapai berbiaya murah (low cost carrier/LCC). Saat ini, maskapai LCC seperti AirAsia berangkat ke Malé dari Kuala Lumpur sebanyak tiga kali seminggu, sedangkan Tigerair berangkat empat kali seminggu melalui Singapura. Sering-seringlah mengecek website kedua maskapai tersebut untuk mendapatkan deal harga tiket terbaik.

2.    Menginap di guesthouse atau hotel budget. Wisatawan yang pergi ke Maldives dengan anggaran terbatas dapat mempertimbangkan untuk menginap di pulau Hulhumalé, Kota Malé, atau pulau Maafushi. Pilihan kami jatuh ke Hulhumalé dengan pertimbangan aksesibilitas (dekat dengan bandara) serta harganya relatif lebih murah dibandingkan di Malé.

3.    Bawa uang secukupnya. Ketika pergi ke Maldives, Anda dapat membawa uang dalam bentuk dolar Amerika Serikat. Maldives sendiri memiliki mata uang bernama Rufiyaa (MVR), tetapi Anda tidak perlu banyak menukar uang Anda ke dalam MVR karena  mata uang US$ banyak diterima. Anda hanya akan membutuhkan MVR apabila bepergian menggunakan kapal feri dan transportasi publik. Perkiraan kurs 1 MVR setara 900 Rupiah, sedangkan untuk 1US$ = 15 MVR.

4.    Pertimbangkan waktu. Saat terbaik untuk berkunjung adalah pada Oktober hingga April, karena cuaca pada bulan-bulan tersebut sangat cerah dan jarang terjadi hujan. Bulan Juli – Agustus adalah waktu liburan musim panas bagi orang-orang Eropa & Amerika (peak season), sehingga hampir bisa dipastikan harga hotel akan sedikit lebih mahal.

5    Apabila ingin merasakan suasana resor dan tetap berhemat, untuk menyiasatinya adalah Anda dapat membeli paket aktivitas resort day trip yang ditawarkan oleh hotel. Anda akan dapat merasakan suasana resort selama satu hari. Hal ini tentu dapat jauh menghemat biaya dibandingkan dengan menginap secara langsung di resor.

 6.   Transportasi antar pulau sangat mengandalkan ferry. Perlu diingat bahwa  Jum’at merupakan hari libur, dan kapal feri umum selain rute dari Malé ke Hulhumalé dan Malé ke Hulhulé (Airport) tidak ada yang beroperasi. Ada baiknya anda mempelajari dulu jadwal ferry di www.mtcc.com.mv sebelum pergi.

7.    Untuk mempermudah dalam menjelajahi tempat-tempat baru, ada baiknya sebelum berangkat anda mengunduh terlebih dahulu peta offline dari tempat yang dituju ke dalam smartphone Anda untuk memudahkan untuk berkeliling di lokasi yang anda tuju tanpa harus terkoneksi dengan Internet, mengingat tarif data roaming di luar negeri sangat mahal.

8.    Perlu diingat bahwa Maldives merupakan negara Muslim, dan Anda diharapkan menghormati peraturan lokal. Anda dilarang mengenakan pakaian terbuka dan mengenakan bikini di pantai yang termasuk kategori public beach. Namun aturan tersebut tidak berlaku apabila anda berada di resort atau tourist beach.

9.    Ketika berlibur ke luar negeri, jangan meremehkan pentingnya memiliki polis asuransi perjalanan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Jika ada hal buruk terjadi, Anda akan sulit mendapatkan bantuan karena di Maldives tidak ada perwakilan diplomatik KBRI ataupun perwakilan konsulat. Adapun KBRI terdekat berada di negara Sri Lanka.

Wibawanizal N. Hidayat, pencinta travel 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Maladewa
Editor : Bambang Supriyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top