Turis asal China di Tanjung Benoa, Bali./Bloomberg
Travel

Kiat Menjaga Keamanan Uang Selama Melancong

Newswire
Senin, 18 April 2016 - 19:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Melancong tak selamanya akan berjalan mulus sesuai rencana. Bisa saja ada kejadian tak mengenakkan terjadi seperti kehilangan uang.

Berikut adalah beberapa kiat menjaga keamanan uang selama melancong dari MasterCard, Senin (18/4/2016):

1. Beritahu bank Anda sebelum melancong. Hubungi pihak bank untuk mengaktifkan kartu Anda agar dapat digunakan di luar negeri. Anda juga dapat menon-aktifkan kartu untuk penggunaan di luar negeri saat sudah kembali dari liburan.

2. Manfaatkan perlindungan yang ditawarkan Gunakan kartu debit ataupun kartu kredit sebagai ganti dari uang tunai saat melakukan pembelian. Dengan kebijakan zero-liability dan transaksi yang tercatat, Anda akan terlindungi dari transaksi pembayaran yang tidak sah.

 3. Periksa kembali daftar pembelian Anda. Periksa kembali catatan transaksi pembayaran secara rutin selama melancong. Akses transaksi pembayaran melalui aplikasi mobile yang dimiliki oleh Bank penerbit kartu atau melalui internet browser. Pastikan hal tersebut hanya dilakukan melalui jaringan Wi-Fi pribadi.

 4. Simpan nomor penting di kontak Anda. Simpanlah nomor-nomor telepon penting-baik lokal dan internasional – yang mudah dihubungi setiap saat. Ketika Anda harus melaporkan kehilangan atau pencurian, Anda tahu siapa yang harus dihubungi.

 5.Tetap waspada. Pastikan Anda tetap waspada untuk setiap aktivitas yang mencurigakan atau perangkat yang tidak biasa di mesin ATM sebelum memasukkan kartu. Selain itu, jangan lupa untuk menutupi pin-pad dengan tangan saat memasukkan kode pin ATM maupun informasi rahasia lainnya.

 6. Lindungi diri dengan kata kunci. Untuk memastikan informasi yang Anda miliki tetap aman, gunakan kata kunci untuk melindungi ponsel, tablet serta laptop saat melancong. Atur setiap perangkat untuk mengunci otomatis setelah beberapa menit tidak digunakan. Hal tersebut dapat membantu untuk menjaga informasi transaksi pembayaran maupun informasi penting lain dalam perangkat agar tetap aman dan terlindungi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro