Penjual bunga edelweis/Antara
Travel

Menteri Siti Resmikan Taman Edukasi Edelweis

Newswire
Senin, 28 Maret 2016 - 20:35
Bagikan

Bisnis.com, PASURUAN - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya meresmikan Taman Edukasi Edelweis di sekitar Musala BSM Penanjakan Gunung Bromo di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Senin (28/3/2016).

"Kelestarian ekosistem di kawasan TNBTS dapat dijaga dengan mengharmonisasikan kepentingan konservasi ekosistem, ekowisata dan pemberdayaan masyarakat," kata Siti Nurbaya di sela-sela kegiatan penanaman edelweis di sekitar musala BSM Penanjakan.

Menteri LHK juga memberi bantuan sebanyak 200 bibit tanaman edelweis, dansekaligus juga menanam bibit tanaman yang terancam punah itu bersama pelajar SDN Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Pada papan peresmian Taman Edukasi Edelweis tersebut, Siti Nurbaya menulis pesan "TNBTS untuk negara dan bangsa. Gotong royong cinta edelweis, cinta negeri. Kembangkan terus inovasi, aktualisasikan sinergi cinta alam dan budaya Indonesia.

Kepala Balai Besar Ayu Dewi Utari mengatakan, kegiatan penanaman edelweis itu merupakan kampanye pelestarian ekosistem melalui pemberdayaan masyarakat yang mengedepankan kearifan lokal masyarakat Tengger.

"Tanaman endemik edelweis yang bernama latin Anaphalis javanica di kawasan TNBTS lebih dari 1.000 hektare yang tersebar di sejumlah lokasi, namun keberadaan tanaman itu terancam punah karena ulah manusia," tuturnya.

Luasan area tanaman edelweis di wilayah TNBTS setiap tahun selalu berkurang, sehingga pihaknya selalu melakukan pemulihan ekosistem dengan menanam kembali bunga abadi perlambang cinta itu.

Taman Edukasi Edelweis itu bisa menjadi tempat pelestarian tanaman endemik lokal, karena ada tempat persemaian bunga abadi tersebut di sekitar kawasan TNBTS.

"Di taman edukasi itu tidak hanya tanaman edelwies, namun ada tanaman endemik lain seperti mentigen, cemara gunung, acer, putih dada dan masih banyak lagi, sehingga wisatawan bisa menikmati tanaman khas di wilayah TNBTS,"tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro