Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Dia Rahasia Kenikmatan Cokelat Belgia

Belgia bukan negara penghasil biji cokelat. Namun, bicara tentang Belgia tidak akan lepas dari kelezatan olahan cokelatnya.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 24 Maret 2016  |  15:02 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Belgia bukan negara penghasil biji cokelat. Namun, bicara tentang Belgia tidak akan lepas dari kelezatan olahan cokelatnya.

Apa yang menjadi rahasia cokelat Belgia hingga dikenal ke seantero dunia? Chef atau perajin cokelat Belgia, Stephen Vandeparre, berbagi rahasia saat kegiatan kunjungan Putri Belgia dalam Misi Ekonomi Belgia, bersama para chef, dan produsen pangan di Jakarta.
 
Chef Vandeparre menuturkan, rahasia mendapatkan olahan cokelat terbaik salah satunya ditentukan kualitas biji cokelat. Dia mengatakan olahan cokelat terbaik diperoleh dari biji cokelat segar. Selanjutnya, biji tersebut diolah menjadi potongan yang sangat kecil. Untuk kemudian dimasak bersama gula di atas temperatur yang panas.
 
Keberhasilan membuat coklat terbaik, tidak hanya terletak pada kualitas biji cokelat. Namun, resep dan metode dalam pembuatannya ikut mempengaruhi kualitas tersebut. "Ada banyak sekolah untuk belajar membuat cokelat di sana," katanya.
 
Dia mengatakan suhu udara Belgia tidak memungkinkan biji cokelat tumbuh. Sehingga mereka harus mendapatkan dari beberapa negara dengan harga yang mahal. Chef Vandeparre mencontohkan harus membayar hingga Rp1,5 juta untuk mendapatkan satu kilogram cokelat. Maka tidak salah jika setelah diolah harga cokelat Belgia dapat berkali-kali lipat.
 
Salah satu biji cokelat dengan kualitas terbaik diperolehnya dari Indonesia. Menurutnya, Indonesia memiliki keunggulan dalam hal cokelat dibanding Belgia. Indonesia memiliki sumber cokelat terbaik.
 
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cokelat
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top