Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Di Prancis, Tradisi Menikmati Hidangan Bisa Sampai Dua Jam

Duta Besar Prancis untuk Indonesia dan Timor Leste, Corinne Breuze, menuturkan gastronomi Prancis diantaranya, menyajikan makanan dalam lima hidangan yang disantap secara bertahap. Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk tradisi ini sekitar dua jam.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 21 Maret 2016  |  08:55 WIB
Makan malam -
Makan malam -
Bisnis.com, JAKARTA - Duta Besar Prancis untuk Indonesia dan Timor Leste, Corinne Breuze, menuturkan gastronomi Prancis diantaranya, menyajikan makanan dalam lima hidangan yang disantap secara bertahap. Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk tradisi ini sekitar dua jam.
 
Tradisi makan dimulai dengan aperitif atau minuman pembuka, dilanjutkan makanan pembuka, lalu ikan atau daging dengan sayur-sayuran, keju, dan makanan penutup. Kadang diakhiri dengan digestif atau minuman beralkohol. Dekorasi meja dan bahasa tubuh, seperti menghirup aroma dan mencicipi setiap makanan yang dihidangkan, menjadi pelengkap ritual.
 
"Selain alasan kesehatan, bagi orang Prancis jam makan adalah untuk berhenti sehingga kami dapat menikmati hidangan,
 
Penulis Lona Hutapea Tanasale dalam bukunya Voila La France (Paris, Si Kota Cahaya), menuliskan falsafah kuliner Prancis tidak bertumpu pada makanan saja. Hidangan yang disajikan hanya salah satu aspek dari tradisi yang lebih besar yakni budaya kumpul-kumpul dan makan-makan. Yang istimewa, tradisi ini menonjolkan keselarasan dengan alam. Kombinasi menu makanan harus pas dan diolah dengan menggunakan produk-produk lokal agar rasanya cocok satu sama lain.
 
Mereka terbiasa makan perlahan-lahan sambil mengobrol panjang. Ini memberi efek positif pada proses pencernaan, tulis Lona pada halaman 19.
 
 
 
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Makan Malam
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top