Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sidomuncul-BRI Kembangkan Desa Wisata Rempah di Wonogiri

Sidomuncul bersama dan Bank Rakyat Indonesia menandatangani nota kesepahaman dengan Pemkab Wonogiri dalam pencanangan program Pemberdayaan Desa Wisata Rempah dan Buah di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.
Fatia Qanitat
Fatia Qanitat - Bisnis.com 14 Maret 2016  |  12:00 WIB
Agrowisata.  - Jibi
Agrowisata. - Jibi

Bisnis.com, SEMARANG--PT Sidomuncul Tbk. bersama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. menandatangani nota kesepahaman dengan Pemerintah Kabupaten Wonogiri dalam pencanangan program Pemberdayaan Desa Wisata Rempah dan Buah di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, akhir pekan lalu.

Direktur Utama Sidomuncul Irwan Hidayat mengatakan program Desa Wisata Rempah dan Buah merupakan bentuk tanggung jawab sosial perseroan untuk memberdayakan masyarakat.

Desa wisata ini tepatnya terletak di Desa Gudangharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Kawa Tengah.

"Tanaman cabe jamu menjadi budaya utama yang akan dikembangkan di daerah tersebut. Cabe jamu Pranggupito memiliki zat pedas piperin dengan kualitas yang sangat baik," ujarnya seperti dikutip dari laman resmi Pemkab Wonogiri, Senin (14/3/2016).

Dia melanjutkan kondisi geografis Paranggupito yang kering menjadi media yang cocok untuk menghasilkan cabe jamu berkualitas yang dibutuhkan bagi perusahaan.

"Kami berharap keberadaan desa wisata ini dapat memberi manfaat bagi perekonomian masyarakat juga menarik minat wisatawan berkunjung ke Wonogiri," tambahnya.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan langkah ini menjadi titik awal inventarisasi potensi yang ada di wilayahnya. Dia menyatakan siap memfasilitasi program berbasis ekonomi kerakyatan.

"Kami akan mengembangkan investasi di daerah Wonogiri lainnya, yang memiliki potensi dan kondisi geografis beragam," tuturnya.

Executive Vice President Bank BRI Agus Noorsanto mengatakan pihaknya telah menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) sebesar Rp100 miliar di Wonogiri. Jumlah tersebut disalurkan kepada sekitar 6.000 debitur.

"Kami berkomitmen untuk memberikan fasilitas itu kepada para petani, pengumpul, pedagang grosir, warung, ditributor, sampai penjual jamu keliling tanpa agunan," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wonogiri agrowisata DESA WISATA
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top