Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Surga Snorekling Itu Ada di Sini

Pernah mendengar nama Selat Pantar? Sepertinya belum ya, karena sejauh ini informasi mengenai surge wisata snorkling itu belum semerbak seperti Bunaken atau Bali.
MG Noviarizal Fernandez
MG Noviarizal Fernandez - Bisnis.com 12 Maret 2016  |  12:33 WIB
Taman Laut Selat Pantar di Alor, NTT - indonesia.travel
Taman Laut Selat Pantar di Alor, NTT - indonesia.travel

Bisnis.com, JAKARTA - Pernah mendengar nama Selat Pantar?

Bagi Anda yang belum pernah mendengar, mungkin karena sejauh ini informasi mengenai surga wisata snorkeling itu belum sepopuler Bunaken atau Bali.

Tapi jangan salah, jika sudah sampai ke lokasi, sensasi keindahan alam bawah airnya luar biasa.  Bagi penyelam profesional, Selat Pantar yang terletak di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT)  ini merupakan  objek wisata  yang indah dan dapat dibandingkan dengan Laut Karibia di dekat Amerika Tengah.

Taman Laut Nasional ini memiliki karakteristik dan keindahan yang unik perpaduan antara perairan Australia yang dingin dan perairan Indonesia yang hangat. Oleh karena itu, kawasan ini kaya biota laut dan terumbu karang.

Dihimpun dari berbagai sumber, saat menyelam di Alor, bahkan mereka yang tergolong para profesional saja tetap berdecak kagum. Bagaimana tidak, di sini mereka dapat menyelam bersama sunfish dan menemukannya lebih dari sekali.

Ini jelas diasumsikan ada banyak sunfish atau mola-mola menetap di perairan Alor. Lupakan Seaworld, menyaksikan cara hidup mereka langsung di alamnya adalah sangat luar biasa. 

Ada banyak tebing dan jurang di taman bawah laut Alor seakan tak terlukiskan kata-kata. Tersusun seperti rak buku di mana setiap bagian dihuni oleh beragam biota dan karang yang mengagumkan. Semua yang pernah melihatnya secara langsung pasti lebih menyarankan untuk menyaksikannya sendiri lalu bercerita hingga kehabisan kata-kata.

Selat Pantar terletak di antara pulau Alor dan Pantar di Kepulauan Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT). Selat sempit ini memiliki sejumlah pulau-pulau kecil dan indah seperti pulau Kepa, Pura, Ternate, Buaya, dan kepulauan Tereweng.

Selat ini  memiliki ombak yang kuat dan suaranya seperti suara air terjun. Kadang-kadang ombak keras yang datang menghantam dinding dapat membunuh ikan ukuran kecil dan sedang di dekat pantai. Pada bulan-bulan tertentu antara Oktober hingga November, arus laut di sini bersahabat bagi penyelam.

Setidaknya ada 26 lokasi menyelam di sekitar Kepa, Pura, Ternate, dan Matap Tanjung pulau, Papa pantai Jahe (Alor) sebagai lokasi hiu yang terkenal . Di lokasi ini, penyelam bisa bermain dengan sekelompok hiu yang ramah. Di perairan sekitar Jahe Papa, Anda juga bisa menyelam di malam hari.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata air
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top