Sejumlah wisatawan menyaksikan ritual potong rambut Gimbal saat dilangsungkan Dieng Culture Festival (DCF)-6 di komplek candi Arjuna kawasan dataran tinggi Dieng, Batur, Banjarnegara, Jateng,./Antara
Travel

Akses Menuju Dieng Bakal Bertambah

Fatia Qanitat
Kamis, 18 Februari 2016 - 15:30
Bagikan

Bisnis.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menjanjikan akan memperbaiki dan menambah akses jalan menuju destinasi wisata Dieng.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, saat ini pemerintah tengah membangun jalan tembusdari Batang menuju Dieng.

Selain itu, keberadaan Bandara Wirasaba di Kabupaten Purbalingga juga tengah dipersiapkan untuk beroperasi secara komersial.

"Sehingga alternatif transportasi bisa melalui Semarang, Batang, atau Purbalingga. Kami harapkan hal ini bisa meningkatkan jumlah wisatawan ke Dieng," ujarnya seperti dikutip dari laman resmi, Kamis (18/2/2016).

Selain akses jalan, keberadaan hotel sebagai sarana pendukung juga dinilai perlu dikembangkan. Ganjar mengatakan, di Kabupaten Banjarnegara penginapan yang ada saat ini hanyalah berupa homestay.

"Padahal, jika ada hotel minimal bintang satu, bisa membuat wisatawan semakin betah di Dieng. Para aktivis juga mengeluhkan rusaknya konservasi, maka perlu keterlibatan dan peran serta semua pihak untuk menata Dieng," ungkapnya.

Menurut Ganjar, sebagai kawasan wisata, Dieng menawarkan pemandangan gunung, kawah, telaga, juga pemandangan tertutup kabut yang menggambarkan suasana seolah mengambang di atas awan.

Ditambah pula dengan hujan es pada musim tertentu. Tradisi pemotongan rambut gimbal yang tidak ditemukan di daerah lain pun menjadi daya tarik tersendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatia Qanitat
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro