Pura Tanah Lot/Antara
Travel

600 Pemandu Wisata Berbahasa Mandarin Akan Disertifikasi

Natalia Indah Kartikaningrum
Kamis, 11 Februari 2016 - 09:00
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR--Kementerian Pariwisata Republik Indonesia akan memberikan pelatihan serta sertifikasi bagi 600 pemandu wisata atau guide berbahasa Mandarin dari Bali. “Pada 2015 lalu kami sudah melatih serta memberikan sertifikasi kepada 600 pemandu wisata dan tahun ini akan kami tambah 600 orang lagi,” terang I Gde Pitana, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata Republik Indonesia di Denpasar, Rabu (10/2/2016).

Menurutnya, salah satu faktor penentu kepuasan wisatawan adalah adanya pramuwisata yang kompeten. “Selain Bali, kami juga melakukannya di Jakarta, Medan, dan Surabaya. Selain itu tahun ini yang akan fokus kami kerjakan serius adalah di Manado karena banyak sekali wisman dari Tiongkok yang pergi ke Manado dahulu baru ke Bali,” jelasnya.

Dia menambahkan, jumlah tenaga pariwisata yang akan disertifikasi pada 2016 ini di seluruh Indonesia adalah sebanyak 35.000 orang dan untuk pemandu wisata berbahasa mandarin ada sekitar 1.000 orang. “Bali telah menjadi destinasi favorit dari Negeri Tirai Bambu tersebut yang terbukti dengan kunjungannya yang terus meningkat setiap tahun.

Yang disukai oleh turis Tiongkok adalah pantai, pasir putih, dan langit cerah. Selain itu mereka juga suka berbelanja, termasuk barang-barang branded di butik-butik dan mereka bisa mendapatkan itu semua di Bali,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro