Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Diplomasi Gastronomi: Begini Cara Restoran Marco Padang Peranakan Pertemukan Dua Negara

Restoran Marco Padang Peranakan mempromosikan masakan Padang di kalangan masyarakat Eropa melalui undangan KBRI Spanyol, akhir Januari kemarin.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 09 Februari 2016  |  16:35 WIB
Diplomasi Gastronomi: Begini Cara Restoran Marco Padang Peranakan Pertemukan Dua Negara
Marco Padang Peranakan - istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak cara untuk membangun diplomasi, salah satunya lewat kuliner alias gastronomi. Itulah salah satu kegiatan yang dilakono Marco Padang Peranakan.

Seperti rilis yang diterima Bisnis, Selasa (9/2/2016), Marco Padang Peranakan merupakan satu-satunya wakil Indonesia dalam ajang promosi budaya ini.

Executive Marco Padang Peranakan, Chef Marco Lim, menuturkan masakan Padang Peranakan memiliki keunikan sehingga dapat dinikmati semua kalangan, baik lokal maupun internasional.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Spanyol Yuli Mumpuni Widarso menuturkan kegiatan tahunan ini merupakan salah satu penggerak hubungan bilateral antarnegara yang menggunakan gastronomi sebagai motornya. Dengan demikian tercipta hubungan baik melalui pertukaran kebudayaan khususnya kuliner warisan budaya.

"Imbauan dari PBB dengan menggunakan gastronomi sebagai kendaraan dalam berdiplomasi kita terapkan pada kegiatan ini dengan mendatangkan dan memperkenalkan masakan tradisional Indonesia," katanya.

Dia mengatakan, "keunggulan Chef Marco dalam menyajikan makanan Padang dengan style sangat berbeda dari makanan Padang kebanyakan yang saya yakin dapat diterima oleh dunia."

Masakan Padang disajikan untuk jamuan Diplomacy Dinner dikhususkan untuk tamu-tamu diplomat undangan KBRI di Madrid dan promo paket buffet di hotel yang sama untuk santap siang dan dibuka untuk umum.

Dalam Diplomacy Dinner tersebut, Chef Marco Lim menyajikan ragam menu andalan Marco Padang Peranakan, yaitu, Soto Padang, Ayam Panggang Lado Ijo, Randang Hitam Kayu Bakar, Udang Panggang Pacak, Gulai kambing dan Bubur Ketan Item sebagai penutup yang mendapatkan apresiasi sangat baik dari undangan yang hadir.

Selain itu, pada kesempatan terpisah Chef Marco Lim juga mendapatkan kehormatan mengajarkan ragam resep kuliner Padang di sekolah kuliner Gredos San Diego Buitrago, Spanyol.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diplomasi
Editor : Saeno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top