Airbnb/Reuters
Travel

Amerika Serikat Mulai Rasakan Dampak Airbnb Pada Industri Perhotelan

John Andhi Oktaveri
Kamis, 4 Februari 2016 - 13:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pertumbuhan bisnis rumah sewa (Airbnb) yang signifikan akan mengancam penaikan tarif kamar hotel harian di sektor industri perhotelan, menurut sebuah laporan koran USA Today.

Menurut hasil penelitian dari CBRE Hotels Americas Research, para wisatawan maupun pebisnis menghabiskan US$2,4 miliar untuk akomodasi alternatif yang dikenal dengan istilah Airbnb tersebut sejak Oktober 2014 hingga September 2015, menurut koran itu sebagimana dikutip hotelnewsnow.com, Kamis (4/2/2016).

Disebutkan bahwa angka itu merupakan 1,7% dari pendapatan sebesar US$141 miliar yang diperoleh hotel selama periode yang sama. Akan tetapi, apa yang terjadi adalah sebuah lonjakan pendapatan rumah sewa dibandingkan eriode yang sama tahun sebelumnya.

Pada pertemuan Americas Lodging Investment Summit baru baru ini, CEO Choice Hotels, Steve Joyce, mengatakan Airbnb tampaknya tidak akan pernah surut dan akan hidup bersama dengan aturan yang diberlakukan industri perhotelan selama ini. Artinya mereka juga membayar pajak, memperhatikan soal keamanan, dan mematuhi aturan, menurut laporan itu.

Joyce juga mengatakan bahwa Choice akan mengembangkan platform vacation rentals yang juga berdampak pada bisnis perhotelan itu sendiri. Akomodasi alternatif tersebut bukan tidak mungkin akan menjadi masa depan bisnis perhotelan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro