Istana Changdeokgung di Korea Selatan/visitkorea.or.kr
Travel

Begini Cara Liburan Hemat ke Korea

Annisa Lestari Ciptaningtyas
Sabtu, 30 Januari 2016 - 10:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Korea Selatan menjadi salah satu tujuan wisata yang paling diminati warga Indonesia.

Selain karena demam K-Pop yang marak terjadi, keunikan budaya, ragam makanan, dan keindahan alam di Korea Selatan memang menjadi alasan dikunjunginya negeri ginseng ini.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Korea Selatan dengan kondisi keuangan yang tidak berlebihan tidak perlu khawatir. Simak tip berlibur hemat di Korea Selatan.

1. Berburu Tiket Promo

Tiket pesawat adalah modal utama kita bepergian. Berlibur kemana pun, pastikan Anda sering mengecek jadwal promo maskapai penerbangan agar menghemat isi kantong. Jadwal penerbangan promo bisa didapat melalui website atau datang ke travel fair. Di sana Anda bisa mendapatkan tiket pulang pergi Jakarta-Seoul dengan harga miring. Bahkan untuk maskapai sekelas Garuda Indonesia, tiket bisa didapatkan dengan harga murah. Maka, rajin-rajinlah melakukan pengecekan jadwal terbang maskapai.

2. Pesan Penginapan Secara Online

Menemukan penginapan yang murah di Seoul tidaklah sulit. Yang sulit adalah mendapatkan ketersediaan kamar yang murah serta lokasi penginapan yang mudah dijangkau di saat kedatangan Anda.

Hindari langsung datang ke tempat penginapan tanpa memesan terlebih dahulu karena Anda akan kesulitan mendapatkan kamar dengan harga murah. Oleh karenanya, lagi-lagi Anda harus rajin mengecek dan teliti dalam mencari penginapan yang murah dan nyaman. Anda dapat melakukan pemesanan melalui situs layanan online.

Anda bisa memilih berbagai macam tempat menginap, termasuk hotel dan apartemen. Khusus menginap di apartemen, sistem pembayarannya juga tergantung jumlah orang, jadi tidak perlu khawatir jika anda seorang diri, tentu harga yang didapat juga akan lebih murah dibandingkan menginap di hotel.

Untuk lokasi, daerah HongDae merupakan pilihan tepat. Area ini dipenuhi dengan jajanan menarik serta dekat dengan transportasi umum yang memudahkan Anda berkeliling Seoul.

3. Kunjungi Situs Korea Tourism Organzation

Sebelum terbang ke Korea Selatan, ada baiknya Anda mengunjungi situs Korea Tourism Organization. Selain mendapat informasi yang dibutuhkan turis seperti tempat wisata dan belanja, Anda juga bisa mendapatkan kupon diskon.

Seringkali beberapa tempat wisata seperti Lotte World, restoran, bahkan tempat belanja menyediakan diskon khusus untuk turis. Jadi melalui situs ini, Anda dapat mengetahui tempat manasaja yang dapat dikunjungi dengan potongan harga.

4. Sesekali Gunakan Kartu Debit

Kebanyakan dari kita mungkin merasa lebih aman menukar uang di Indonesia sebelum bepergian ke negara lain.

Di Korea Selatan, cobalah cara lain. Belanja menggunakan kartu di Korea, Anda bisa mendapatkan potongan harga sebesar 20%. Selain itu, kurs yang diberlakukan saat itu seringkali lebih murah dibanding menukar uang di Indonesia.

Namun, perlu diingat tidak semua toko menerapkan hal ini, untuk toko kecil yang berlokasi di pasar bisa jadi tidak menerapkan potongan harga meskipun penggunaan kartu diperbolehkan. Yang perlu diperhatikan juga, kartu harus berlogo Visa atau Mastercard.

Selain itu, beberapa bank memberlakukan biaya tambahan setiap penggunaan kartu di luar negeri, jadi Anda harus pintar-pintar menggunakan kartu dalam berbelanja agar diskon yang ingin di dapat malah lebih kecil dari potongan bank.

5. Naik Transportasi Umum

Transportasi Umum di Korea Selatan sudah sangat nyaman. Cobalah menggunakan subway karena transportasi ini paling sering digunakan oleh masyarakat Korea Selatan. Sebelum itu, Anda harus mengisi sejumlah uang ke kartu bernama T-Money yang sudah terintegrasi dengan seluruh sistem transportasi di Korea Selatan.

Kartu ini juga bisa digunakan untuk pembayaran di toko swalayan kecil. Dengan Rp250.000 Anda sudah bisa berkeliling Seoul menggunakan Subway dan bus selama seminggu. Cukup murah bukan?

6. Kunjungi Tempat Wisata Bersejarah

Untuk menghemat biaya pengeluaran kunjungi tempat-tempat yang tidak membutuhkan uang untuk mengunjunginya. Tempat Wisata bersejarah di Seoul cukup beragam. Dan untuk mengunjunginya tidak dibutuhkan biaya masuk. Beberapa tempat yang cocok untuk dijadikan latarbelakang foto diantaranya Bukhcon Hanok Village, Gwanghamun Park, Gyeongbokgung Palace dana Changgyeong Palace.

7. Dapatkan "Tax Free"

Sebagai turis, sudah sewajarnya kita tidak membayar pajak untuk barang-barang yang kita beli di luar negeri termasuk di  Korea Selatan. Mendapatkan bebas pajak di Korea cukup mudah.

Paspor Anda tidak perlu dicap untuk berbelanja tanpa pajak. Sistem bebas pajak di Korea adalah refund, jadi Anda harus membayar dulu harga dan pajak baru diuangkan kembali di Bandara.

Syaratnya, Anda harus berbelanja di tempat yang melabelkan "Global Tax Refund" di depan tokonya, nantinya petugas akan memberikan selebaran yang wajib diisi. Selebaran dan paspor tersebut akan dicek di bandara untuk mendapatkan kembali uang pajak Anda. Lumayan bukan?

8. Makan Satu Porsi Berdua

Jika Anda memesan makanan di Korea Selatan, jangan menghitung satu orang satu porsi bisa jadi Anda tidak akan sanggup menghabiskan, karena porsi yang ditawarkan cukup besar.

Orang Korea terbiasa dengan berbagi makanan, jadi cukup pesan satu porsi jika Anda makan berdua. Hal tersebut akan menghemat pengeluaran. Satu lagi yang perlu diingat, tidak usah pesan minum, karena makan dimana pun Anda akan mendapatkan sebotol air putih yang bisa diisi ulang secara bebas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro