Ilustrasi/acorazzi.com
Travel

Paris Tak Sekadar Eiffel dan Louis Vuitton

Azizah Nur Alfi
Rabu, 13 Januari 2016 - 06:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penulis Lona Hutapea Tanasale menyajikan kisah kehidupannya selama 4 tahun di Paris, Prancis melalui buku berjudul Voila la France. Buku yang ditulis dan diterbitkan dalam bahasa Indonesia pada 2015 ini, meneropong Prancis dari kacamata berbeda.

Lona tinggal di Paris sejak Maret 2009 hingga April 2013. Bagi Lona, Paris lebih dari sekadar Eiffel atau Louis Vuitton. Menurutnya, banyak hal yang dapat dipelajari dari kehidupan keseharian masyarakat Prancis. Tiap sudut kota menawarkan pemandangan monumen yang bersejarah dan kekayaan budaya.

"Saya melihat dan merasakan langsung kehidupan sehari-hari yang lebih realistis dibanding dari kacamata seorang turis," katanya dalam diskusi buku Meneropong Prancis dari kacamata yang berbeda di IFI, Selasa (12/1) malam.

Ini menjadi buku kedua Lona, setelah sebelumnya menulis buku perdananya berjudul Paris, C'est Ma Vie (2012). Dalam buku kedua ini. Dia menyajikan kisah kehidupan Prancis dari sudut pandang yang tidak klise. Dia menuliskan pengalaman bersepedanya bersama keluarganya di Paris, serta tradisi dan keanehan khas Prancis penuh warna, terkadang lucu penuh kejutan. Kisah-kisah disajikan dengan penuh humor dan perasaan dalam bahasa Prancis, Indonesia atau bahkan dalam bentuk nyanyian.

Berbeda dari buku perdananya Paris, C'est Ma Bow (2012) yang ditulis saat masih tinggal di Paris, maka buku kedua ini ditulis saat sudah kembali ke tanah air. "Perlu upaya lebih untuk menggali kembali memori, perasaan, dan sensasi yang dulu dirasakan ketika sebuah kejadian dialami," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro