Jepang menjadi negara yang ramah terhadap wisatawan Muslim. /food.ndtv.com
Kuliner

Disubsidi Pemerintah, Restoran Halal Mulai Menjamur di Jepang

John Andhi Oktaveri
Senin, 4 Januari 2016 - 10:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Meningkatnya kunjungan wisata dari negara berpenduduk mayoritas beragam Islam seperti Indonesia dan Malaysia membuat restoran di Jepang berlomba menyediakan makanan halal.

Bahkan tidak sedikit restoran di Jepang yang sudah mengantongi sertifikasi halal dari otoritas setempat.  Sebelumnya, hanya restoran India yang secara khusus menyediakan makanan berlabel halal bagi wisatawan asing di negara tersebut.

Perubahan itu tidak terlepas dari langkah pemerintah daerah stempat sejak Oktober tahun lalu yang menyediakan subsidi bagi restoran penyedia makanan halal. Subsidi sebesar US$820 untuk masing-masing restoran tersebut kini membuat pelaku usaha kuliner di Jepang memasukkan daftar makanan halal pada daftar menu mereka.

"Kami menyediakan makanan yang enak dan menciptakan suasana agar mereka yang Muslim bisa menikmatinya tanpa ada kekhawatiran,” ujar Direktur Pariwisata Taito City, Takuji Kwai sebagaimana dikutip channelnewsasia.com, Senin (4/1/2016). Hanya saja dia mengakui tidak mudah untuk menyediakan makanan halal karena bumbunya terbatas selain harus diracik sendiri.

Pertumbuhan restoran halal di Jepang juga ditandai dengan meningkatnya jumlah peserta pameran makanan setiap tahun, ujarnya. Pada 2014, jumlah peserta pameran hanya 80 perusahaan, sedangkan pada 2015 tercatat 120 peserta seiring kian banyak wisatawan Muslim masuk ke Jepang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : channelnewsasia.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro