Gunung Kidul Dikunjungi 2,6 Juta Wisatawan Selama 2015

Jumlah wisatawan di seluruh destinasi wisata di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, sampai akhir 2015 mencapai 2.642.759 orang.
Newswire | 02 Januari 2016 08:53 WIB
Pantai Wediombo Gunung Kidul, Yogyakarta - www.youtube.com

Bisnis.com, JAKARTA--Jumlah wisatawan di seluruh destinasi wisata di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, sampai akhir 2015 mencapai 2.642.759 orang.

Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Gunung Kidul Hary Sukmono di Gunung Kidul, Sabtu, mengatakan sampai Jumat (31/12) malam kunjungan mencapai 2.642.759 orang dengan jumlah pemasukan asli daerah ( PAD) Rp20.980.945.431. "Pada 2015, jumlah kunjungan wisata melebihi target yakni 2,6 juta orang," kata Hary.

Ia mengatakan pantai masih mendominasi kunjungan selama 2014, disusul Gua Pindul, Sri Gethuk, Nglanggeran, Kali Suci menjadi alternatif tujuan wisatawan. "Pengunjung 80 persennya mengunjungi pantai,karena masih menjadi favorit kunjungan," latanya. Hary mengatakan pada 2016 target kunjungan wisata yang dibebankan oleh pemerintah daerah di atas 2015, dengan PAD lebig dari Rp 2 miliar. "Angka pastinya tidak hafal," katanya.

Untuk itu, pihaknya terus melakukan inovasi untuk menyambut wisatawan yang akan berkunjung ke Gunung Kidul. "Nanti dari sisi kebersihan akan ditingkatkan, dan beberapa fasilitas akan kita tambah, agar kenyamanan wisatawan meningkat," katanya.

Selain itu, sorotan terhadap kebocoran retribusi dinas akan berkoordinasi dengan instansi lain. Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan ( Disbudpar) Gunung Kidul Saryanto mengungkapkan pihaknya sudah mengantisipasi adanya kebocoran retribusi dengan menambah petugas pungut retribusi.

"Kami juga meminta bantaun dari satpol PP, kepolisian, TNI dan petugas dari dishubkominfo," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
gunung kidul

Sumber : Antara

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top