Gunung Bromo/id.wikipedia.org
Travel

GUNUNG BROMO: Tak Siap Hadapi Erupsi, Kunjungan Wisatawan Anjlok

Muhammad Avisena
Senin, 28 Desember 2015 - 23:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kurangnya kesiapan menghadapi erupsi Gunung Bromo dinilai ikut berkontribusi terhadap penurunan kunjungan wisatawan ke kawasan tersebut.

Ketua Digdoyo Badan Pimpinan Cabang Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI)Kabupaten Probolinggo Digdoyo Djamaludin mengakui meskipun tanda-tanda erupsi sudah terlihat jauh-jauh hari, pada kenyataannya kesiapan menghadapi hal tersebut masih kurang.

Di saat perlu adanya promosi terpadu dan berkesinambungan, peraturan yang dikeluarkan oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) justru berbenturan dengan kepentingan wisata.

“Yang saya tahu waktu pertama gempa tremor, skalanya masih 3-16, ini sudah dikatakan aktif tremor, gempa, digambarkan sangat menakutkan. Padahal 30 itu baru dikatakan awas. Ini belum sampai sana,” kata Digdoyo.

Informasi yang menyebutkan bahwa Bromo ditutup tidak memberi informasi tambahan bahwa para wisatawan tetap dapat menikmati matahari terbit Bromo di radius yang aman. Kendati terdapat larangan untuk memasuki kawasan 2,5 Km dari bibir kawah, masih terdapat sejumlah view point yang masih aman.

Bromo yang masuk wilayah beberapa kabupaten yaitu  kab. Probolinggo, kab. Pasuruan, kab. Lumajang, dan kabupaten Malang memiliki beberapa view point aman diantaranya Seruni point, Mentigen, B29, Bukit Cinta, serta Bukit King Kong.

Gunung Bromo, yang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional  Bromo Tengger Semeru (TNBTS) saat ini mendapatkan predikat sebagai salah satu gunung terindah di dunia oleh situs lonelyplanet.com. Peringkat satu masih dipegang oleh Gunung Elbrus di Rusia, kedua adalah Gunung Olympus di Yunani, dan ketiga adalah Gunung Bromo.

Sementara itu, siklus erupsi 5 tahunan di Gunung Bromo juga berpeluang mendapatkan predikat lain, yaitu kepulan asap gunung berapi terindah di dunia. “Fenomena langka yang ada di Bromo  sekarang ini sebetulnya membuat banyak sekali wisatawan asing antusias datang ke sini. Inilah sebenarnya saat- saat yang indah untuk menikmati Bromo.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Muhammad Avisena
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro