Sejumlah wisatawan menyaksikan ritual potong rambut Gimbal saat dilangsungkan Dieng Culture Festival (DCF)-6 di komplek candi Arjuna kawasan dataran tinggi Dieng, Batur, Banjarnegara, Jateng,./Antara
Travel

Libur Natal & Tahun Baru: Lokasi Wisata Dieng Juga Padat

Newswire
Jumat, 25 Desember 2015 - 11:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Ratusan lokasi tempat tinggal atau "homestay" di Kawasan Wisata Dataran Tinggi (KWDT) Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, dipenuhi wisatawan pada liburan Natal 2015.

"Bahkan homestay di Dieng sudah habis dipesan hingga 3 Januari 2016," kata Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) "Dieng Pandawa" Alif Faozi di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jumat.

Ia mengatakan bahwa saat ini, sekitar 400 "homestay" di KWDT Dieng, baik yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara maupun Wonosobo, telah dipenuhi wisatawan dari berbagai daerah terutama dari Jabodetabek.

Menurut dia, wisatawan tersebut rata-rata menginap selama satu hingga dua hari karena mereka akan melanjutkan perjalanan ke objek wisata lain hingga liburan akhir tahun.

"Ada yang langsung ke Dieng sebelum melanjutkan ke Yogyakarta dan daerah lainnya. Ada pula yang menjadikan Dieng sebagai tujuan akhir setelah mengunjungi daerah lain sehingga homestay-homestay telah habis dipesan hingga liburan akhir tahun," jelasnya.

Ia mengatakan bahwa wisatawan sudah mulai berdatangan ke Dieng sejak tanggal 19 Desember 2015.

Akan tetapi dalam perjalanan menuju Dieng terutama yang datang dari arah Wonosobo, kata dia, sempat terkendala karena adanya pembangunan jembatan sehingga jarak Wonosobo-Dieng yang dalam kondisi normal dapat ditempuh selama satu jam menjadi tiga jam.

"Pembangunan jembatan itu sekitar 8 kilometer sebelum Dieng. Namun bagi wisatawan yang datangnya lewat Banjarnegara-Karangkobar, relatif lancar," katanya.

Disinggung mengenai kegiatan untuk menyambut tahun baru, Alif mengatakan bahwa pihaknya akan menggelar tasyakuran dan peluncuran "Dieng Culture Festival VII Tahun 2016".

Selain itu, kata dia, pihaknya juga akan menggelar pesta kembang api pada malam pergantian tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro