Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Berwisata ke Lembata

Saat melancong ke suatu destinasi wisata, travel blogger Marischka Prudence menyarankan tak perlu menjaga jarak dengan masyarakat setempat.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 05 Desember 2015  |  15:25 WIB
Pantai Lembata di NTT - lembatakab.go.id
Pantai Lembata di NTT - lembatakab.go.id

Bisnis.com, JAKARTA -- Saat melancong ke suatu destinasi wisata, travel blogger Marischka Prudence menyarankan tak perlu menjaga jarak dengan masyarakat setempat.

"Kalau travelling, jangan menjaga jarak dengan masyarakat sekitar. Mereka itu ramah-ramah. Ajak saja mengobrol," ujar dia beberapa waktu lalu di Jakarta.

Pru, demikian biasa dia disapa, berkisah, saat berkunjung ke Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) belum lama ini, sekedar mengobrol saja dengan masyarakat berbuah tawaran makan secara gratis. Hal ini, kata dia, tentu saja menguntungkan bagi mereka yang melancong, namun tetap ingin hemat.

"Setelah mengobrol, taunya dikasih makan sama masyarakat sekitar. Jadi gratis deh (makan), lumayan," tutur Pru.

Dia mengatakan, bagi mereka yang berencana mengunjungi kawasan Indonesia Timur, terutama destinasi wisata yang belum banyak dikunjungi orang, sebaiknya rencanakan perjalanan matang-matang. Mulai dari pemesanan tiket pesawat, uang tunai hingga partner melancong.

"Ke Lembata misalnya, perlu bawa uang cash sekitar Rp3 juta untuk lima hari di sana. Tetapi kalau mau aman Rp 4 juta, lah. Lalu, tiket pesawat ke bagian Timur suka mahal ya. Idealnya pesan sebulan, atau setengah bulan sebelum keberangkatan. Jangan terlalu dekat dengan hari H juga, bisa mahal," kata dia.

Selain itu, lanjut Pru, sebaiknya jangan sendirian, untuk menghemat biaya selama wisata.

"Usahakan ramai-ramai. Kalau sendirian pasti membutuhkan biaya lebih besar. Ke Lembata misalnya, kalau sendirian biaya di sana bisa sampai Rp10 juta-an. Karena cost terbesar itu sewa kapal," ujar Pru.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pulau lembata

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top