Ilustrasi-Festival musik keroncong di Solo/Jibiphoto-Sunaryo Haryo Bayu
Travel

Liburan Akhir Tahun di Solo? Jangan Lewatkan Event-event Ini

Ropesta Sitorus
Jumat, 4 Desember 2015 - 01:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Solo terkenal sebagai kota penuh nuansa sejarah dan budaya, memilki tradisi Jawa yang masih melekat kuat pada masyarakat dan terus dilestarikan melalui acara tahunan kota ini.

Tercatat ada lebih dari 50 event yang diselenggarakan di Kota Solo sepanjang tahun 2015, termasuk di bulan Desember.

Jika Anda berencana menghabiskan libur akhir tahun di Solo, berikut ini sejumlah event yang menarik untuk Anda nikmati, seperti dilansir dari Indonesia Travel.

Grebeg Mulud - 24 Desember 2015

Grebeg Mulud digelar untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau lebih dikenal dengan Maulid Nabi, acara ini dselenggarakan di Keraton Yogyakarta.

Kabarnya, Grebeg ulud 2015 akan mengikutsertakan 10 personel Bregada Wirobrojo untuk mengawal tujuh gunungan hingga ke halaman Masjid Gedge Kauman.

Gunungan yang dibuat dari bahan makanan semisal sayur-sayuran, kacang panjang, cabai merah, ubi dan beberapa pelengkap berupa panganan dan dibentuk menyerupai gunung. Ini merupakan bentuk sedekah raja untuk rakyatnya.

Dalam setahun, diselenggarakan tiga kali grebeg yaitu Grebeg Syawal, Grebeg Mulud dan Grebeg Besar. Ketiga grebeg itu dilaksanakan sesuai dengan tanggal-tanggal yang berkaitan dengan hari besar Islam.

Grebeg Syawal dilaksanakan sebagai ungkapan syukur dari keraton usai melampaui bulan puasa, sementara Grebeg Besar diselenggarakan untuk merayakan Idul Adha yang dalam kalender Jawa disebut sebagai bulan besar. 

Sekaten Solo - 24 Desember 2015

Ini adalah event yang diselenggarakan untuk memeriahkan Grebeg Mulud, digelar di Istana Kesunanan Solo dan dibuka dengan parade besar-besaran yang mengikutsertakan sultan beserta keluarganya.

Temukan pameran promosi wisata budaya, wisata religi dan wisata bisnis, pentas seni budaya serta pertunjukkan lainnya di Sekaten 2015. Tidak hanya masyarakat Solo, daerah lain seperti Sragen, Boyolali, Karanganyar dan Sukoharjo juga turut berpatisipasi.

Salah satu event terbesar di Jawa Tengah ini akan diikuti oleh 400 peserta dari pedagang kecil hingga perusahaan swasta yang menawarkan berbagai produk.

Sendratari Ramayana - 25 Desember 2015

Sendratari Ramayana digelar setiap terang bulan di Taman Balekambang yang merupakan ruang terbuka. Sendratari ini akan mengangkat judul "Sinta Obong" yang merupakan sekuel keempat Sendratari Ramayana di Balekambang, berkisah tentang kesetiaan Dewi Sinta.

Demi membuktikan kesucian cintanya kepada Sang Rama, Sinta bersedia dibakar hidup-hidup dalam kobaran api.

Solo Car Free Night - 31 Desember 2015

Malam perayaan Tahun Baru di Solo kembali dimeriahkan dengan malam bebas kendaraan bermotor dan akan ada beberapa titik pertunjukkan berupa panggung hiburan rakyat yang menampilkan berbagai kesenian tradisional.

Warga Solo dan wisatawan bebas memilih hiburan yang disukai sambil jalan kaki atau menaiki sepeda. Saksikan tari-tarian tradisional, pertunjukkan musik kontemporer, keroncong, wayang dan masih banyak lagi. Solo Car Free Night ini akan dibuka mulai pukul 20.00-01.00 di ruas-ruas jalan tertentu, seperti Jalan Slamet Riyadi-Gladag dan Jenderal Sudirman-Balai Kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ropesta Sitorus
Sumber : Indonesia Travel
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro