Simak empat titik menyelam di Indonesia/halteng.go.id
Travel

WISATA MENYELAM: Ini Empat Titik Terbaik di Indonesia

Duwi Setiya Ariyanti
Sabtu, 28 November 2015 - 17:45
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA--Kehidupan bawah laut di Indonesia menjadi surga bagi para penyelam.
 
Berikut empat titik menyelam terbaik di Indonesia seperti pada keterangan pers yang diterima Bisnis.com, Sabtu (28/11/2015).
 
1. Raja Ampat
 
Bagi mereka yang menyukai olah raga air, Raja Ampat bukan hal yang baru. Pasalnya, tempat yang berada di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat ini merupakan rumah bagi 75% spesies karang dunia. Oleh karena itu, tak heran Raja Ampat lantas menjadi sorotan. Hal ini karena tempat di bagian timur Indonesia ini menawarkan ragam moluska dan lebih dari seribu spesies ikan. Selain itu, ada spesies langka seperti pari manta raksasa, kuda laut kerdil dan penyu belimbing juga bisa ditemukan di sini.
 
2. Taman Laut Bunaken
 
Bergeser sedikit ke barat, terdapat Taman Laut Bunaken di Manado, Sulawesi Utara. Keindahan alam bawah lautnya tak usah disangsikan lagi. Hal ini karena Bunaken terletak di segitiga terumbu karang yaitu ekosistem laut yang paling beragam di dunia. Selain menyimpan banyak spesies karang dan ikan, tempat ini juga termasuk hutan mangrove terbesar di Indonesia. Tak heran bila sekitar 390 spesies terumbu karang dan sekira 90 spesies ikan tinggal di taman laut ini.
 
3. Pulau Padar
 
Pindah ke bagian selatan Indonesia, terdapat Pulau Padar yang menjadi tempat favorit bagi penyelam. Hal ini karena, penyelam dapat melihat kehidupan laut begitu beragam seperti makarel, kura-kura, hiu, ikan-ikan besar seperti Barramundi Cod dan Parrotfish. Berpindah ke pulau lain juga bisa dilakukan karena tempat ini dikelilingi pulau seperti Pulau Komodo, Rinca, Gili Motang, Nusa Kode dan sekitar 175 pulau kecil lainnya.
 
4. Taman Laut Selat Pantar
 
Tak jauh dari Pulau Pantar, titik lain yang bisa dikunjungi adalah Taman Laut Selat Pantar terletak di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Paling tidak, terdapat 26 spot diving seperti Half Moon Bay, Cave Point, The Edge dan Shark Close. Bila penasaran dengan Shark Close, Anda dapat menemuinya di sini. Kumpulan ikan hiu ini dapat didekati, sehingga aman kalau mau berenang bersamanya.
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro