Curug Cipamingkis, Kabupaten Bogor/Yutube
Travel

Dikembangkan, 21 Objek Wisata di Tanjungsari Bogor

Miftahul Khoer, Hedi Ardhia
Senin, 23 November 2015 - 15:23
Bagikan

Bisnis.com, BOGOR-- Perum Perhutani Jawa Barat dan Banten bekerja sama dengan Pemkab Bogor akan membenahi dan mengembangkan objek wisata alam di kawasan Tanjungsari, Kabupaten Bogor.

Administratur Perhutani KPH Kabupaten Bogor Asep Dedi Mulyadi mengatakan, pihaknya sudah mengklasifikasikan objek wisata di sektor situ dan air terjun, antara lain Curug Cipamingkis, Ciherang, Cilember, Curug Panjang dan Curug Naga.

 "Pengembangan wisata masuk dalam rencana jangka menengah kami ditambah persiapan selesainya pembangunan Jalur Puncak II yang diyakini akan memudahkan masuknya wisatawan dari berbagai daerah," katanya pada Bisnis, Senin (23/11/2015).

 Asep mengaku optimistis kontribusi dari sektor pariwisata yang ada di kawasan Kabupaten Bogor akan meningkat signifikan setelah ada beberapa investor yang berminat menanamkan modal di sektor tersebut. Namun, pihaknya masih belum membicarakan ihwal presentase profit sharing atas pengelolaan objek wisata tersebut.

 Menurutnya, sedikitnya terdapat 21 objek wisata yang bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata alam yang masih memerlukan pembenahan agar benar-benar bisa menarik minat wisatawan.

 Adapun, destinasi yang masih diujicobakan antara lain Curug Barong, Curug Leuwi Hejo, Putri Kancana dan Curug Kembar.

“Berdasarkan hasil ujicoba itu sudah ada peningkatan kunjungan wisatawan hingga 400%. Apalagi ketika sudah ada sentuhan,” katanya.

Sejuk

 Sementara itu, Bupati Bogor Nurhayanti membenarkan pihaknya akan mengembangkan wilayah timur, tepatnya di Kecamatan Tanjungsari untuk dijadikan taman wisata terpadu dengan luas sekitar 95 hektare.

 Dia mengatakan, di kawasan tersebut  akan dimaksimalkan beberapa zona antara lain play ground, gedung pentas budaya dan kios para pelaku UMKM. Adapun, zona wisata ekstensif meliputi campgroud, junggle track dan cottage.

 “Pengembangan pariwisata menjadi salah satu sektor andalan Kabupaten Bogor seiring letak geografis yang berdekatan dengan Jakarta,” katanya.

 Disebut, Kabupaten Bogor masih memiliki iklim yang sejuk dengan bentangan alam yang potensial, terdiri dari pegunungan, situ, gua, curug, air panas dan juga berbagai peninggalan bersejarah yang ada sebagai modal pengembangan investasi.

 Untuk pengembangan wisata di Kabupaten Bogor, pihaknya mengkalim telah membuat rencana induk untuk tahun 2014-2024 antara lain sektor rekreasi, ekowisata, warisan budaya, pendidikan, wisata kreatif dan wisata perkotaan.

 Selain itu, pihaknya juga tengah mengembangkan pariwisata situ berkonsep front city sebagai refleksi citra kawasan Cibinong Raya yang berwawasan lingkungan.

 Menurutnya, konsep front city tersebut akan menjadikan wisata situ lebih kreatif, sehingga fungsinya tidak saja sebagai tangkapan air atau pengendali banjir, tetapi berfungsi juga sebagai konservasi, wisata, pusat atraksi krektif dan ruang publik.

 "Dengan berkembangnya situ front city ke depan pertumbuhan perkotaan tetap berimbang dengan pelestarian alam, sehingga lahan resapan di kawasan Cibinong Raya dapat dikendalikan dengan baik," katanya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro